Upacara Penutupan Kongres PKC Tertutup

Oleh: Gao Zitan

Wartawan antri menunggu untuk diberi akses ke ruang utama di Balai Besar Rakyat selama upacara penutupan Kongres Partai Komunis di Beijing pada 14 November 2012, hari terakhir konferensi. Mereka akhirnya hanya diberi kesempatan pada saat-saat terakhir acarai. (Ed Jones / AFP / Getty Images)

ErabaruNews, Media corong pemerintah, China Central TV (CCTV) telah mempersiapkan diri untuk memberikan liputan langsung upacara penutupan Partai Komunis China Kongres ke-18 pada 14 November, namun tidak satupun foto atau klip video dari laporan konferensi akhirnya disiarkan. Cakupan peristiwa di dalam Balai Besar Rakyat dikabarkan telah diblokir karena pertengkaran yang terjadi di antara para delegasi.

Lebih dari 1.000 jurnalis, China dan luar negeri, terus menunggu di luar aula selama empat jam. Pada saat wartawan diizinkan masuk, pertemuan itu hampir berakhir, dan mereka hanya bisa melihat para delegasi bertepuk tangan.

Para penyiar CCTV mengisi waktu dengan gosip selebriti. Daftar nama dari para anggota yang baru terpilih harus sudah dipublikasikan pada hari sebelumnya, tapi itu tidak sampai 6 sore CCTV mengumumkan daftar lebih-dari-200-nama anggota Komite Sentral yang baru, para anggota alternatif dari Komite Sentral , dan anggota Komisi Sentral Inspeksi Disiplin.

Netizen Zhang Hongliang berkomentar di blog-nya: “The broadcast yang disebut upacara penutupan oleh CCTV menarik. Tidak ada video tunggal dari pertemuan tersebut. Semua komentator yang berbicara. Saya kira tidak pernah ada siaran langsung lainnya seperti ini dalam sejarah manusia. ”

Liu Ruidong, Direktur Eksekutif Hong Kong Merily International, memberikan alasan untuk siaran yang aneh ini. Dia mengatakan pada blog-nya Weibo Sina, “Setelah pertemuan itu, ada perkelahian dan wartawan tidak diperbolehkan mengambil gambar.” Postingannya dengan cepat digandakan oleh para pengguna Weibo, Twitter ala China.

Koran Hong Kong Min Pao melaporkan keterlambatan dalam pengumuman pemimpin baru disebabkan oleh pertempuran setelah pemungutan suara.

Istilah “pertempuran di balai pertemuan” diblokir di Weibo.

Netizens said the fighting was between the supporters of former Party leader Jiang Zemin and the outgoing Party leader Hu Jintao.

Netizens mengatakan pertempuran itu antara pendukung mantan pemimpin partai Jiang Zemin dan pemimpin partai yang baru saja melepaskan jabatannya, Hu Jintao.

Tonny Huo menulis dalam blog-nya: “Berita Penting! Karena hasil pemilu berbeda dari rencana semula, seseorang menuntut satu putaran pemungutan suara. Pada akhirnya, terjadi perkelahian. ”

Seorang blogger di Beijing yang menamakan dirinya “lima mil dari gunung hijau” mengatakan: “Peserta pertemuan memiliki perselisihan atas hasilnya. Mereka masih bergulat pada saat ini ketika saya memposting pesan ini. ”
A blogger registered as “pmcpmc” said more specifically, “Hu and Jiang had a fight.”
Seorang blogger terdaftar sebagai “pmcpmc” menyebutkan lebih spesifik, “Hu dan Jiang bertengkar.”

Postingan Weibo sering muncul untuk digunakan oleh satu pihak atau pihak lain dalam kekuasaan untuk menyebarkan informasi, meskipun tidak jelas apakah orang dalam memiliki kesempatan di tengah kesibukan untuk memposting, mengaku tahu apa yang terjadi di Balai Agung Rakyat. Sejauh ini, tidak ada wartawan yang bisa terus bertahan di luar ruang pertemuan selama berjam-jam melaporkan apa yang sebenarnya terjadi.
http://www.erabaru.net/top-news/38-news3/31955-upacara-penutupan-kongres-pkc-tertutup

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: