Kongres Partai Dibuka di Beijing, Usaha Sudah Selesai

Oleh Matthew Robertson

Seorang tentara mencoba mencegah pemotretan yang diambil di Lapangan Tiananmen pada 7 November, di Beijing. Kongres Nasional ke-18 Partai Komunis China akan diselenggarakan dari 8 November – 14 November, dimana pemimpin baru akan dilantik masuk (Lintao Zhang / Getty Images)

Perhelatan rahasia terbesar masyarakat di planet ini telah diselenggarakan di Beijing. Partai Komunis China menyebut acara Kongres Nasional ke-18, sebagai satu kesimpulan yang diharapkan kader baru komunis akan dinobatkan untuk memimpin rezim selama satu dekade.

Upacara pembukaan Kongres diselenggarakan mulai pukul 9 pagi pada 8 November di Aula Besar Rakyat-satu-satunya acara Kongres terkait hari itu. Malam sebelumnya perwakilan mengumumkan bahwa acara tersebut akan berlangsung selama tujuh hari, sampai 14 November.

Dengan kesimpulan dari pertemuan itu adalah satu paket pemimpin baru akan diresmikan kepada publik, seharusnya yang telah terpilih pada Kongres. Sebuah laporan kerja politik juga akan menyajikan kesimpulkan ideologi yang Partai berkuasa, prestasi, dan arahnya selama lima tahun ke depan.

Bahkan, para pemimpin baru telah dipilih sebelumnya, dan laporan kerja disiapkan sebelumnya. Tidak ada keputusan nyata benar-benar akan dibuat selama minggu berikutnya di Beijing, menurut para ahli.

“Ini hanya upacara,” katanya dalam wawancara telepon.” “Setiap lima tahun dilakukan. Semuanya sudah diatur sebelumnya. Tidak memiliki arti nyata atau signifikansi.” Hal ini, bagaimanapun, penting bagi Partai untuk memberkati kekuasaannya dengan kemiripan legitimasi, dan karenanya Kongres dianggap sangat serius.

Pada tingkat yang paling luas ada dua sisi untuk apa berlangsung di Beijing selama minggu depan: pertanyaan dangkal, atau teknis, tentang bagaimana Partai Komunis China mengorganisasi dirinya sendiri dan reshuffle dan membagi personilnya.

Yang lainnya adalah realitas berurusan dibelakang layaryang berlangsung sebelum acara. Perjuangan politik internal tahun ini telah sangat intensif, setelah pada bulan Februari seorang kepala polisi bernama Wang Lijun melarikan diri dari Chongqing ke Konsulat AS.
Itu telah memicu pergolakan politik yang terus berlanjut, menyingkirkan faksi yang dipimpin oleh mantan pemimpin rezim Jiang Zemin, bersekutu dengan Bo Xilai, boss dari Wang, dan Zhou Yongkang, kepala keamanan, berhadapan dengan kepemimpinan baru dan masuk dari Hu Jintao, Wen Jiabao, dan Xi Jinping.

Hasil dari Kongres mewakili konsensus yang dilakukan dibelakang layar, transaksi rahasia dan perjuangan antara faksi dan pemain lain dalam aparat komunis.

Secara Teknis
Kongres National ke-18 akan terdiri dari 2.268 “delegasi,” dipilih untuk mewakili bagian-lintas dari konstituen Partai. Ada delegasi, misalnya, dari provinsi, daerah otonom, para Tentara Pembebasan Rakyat, organisasi Partai, dari seluruh birokrasi, dari BUMN dan bank, dan dari aparat keamanan.

Menurut Alice Miller, seorang sarjana partai komunis di Hoover Institution, ada tiga alasan mengapa Kongres Partai penting: mereka menetapkan garis Partai pada semua bidang kebijakan utama, mereka melakukan revisi konstitusi Partai, dan mereka memilih Komisi Central baru untuk Inspeksi Disiplin dan Komite Sentral yang baru.

Komite Sentral adalah kelompok yang saat ini terdiri dari 371 kader, pada sidang pleno pertama, diselenggarakan pada hari setelah penutupan Kongres Partai, membuat serangkaian janji besaryang meresmikan sebuah kepemimpinan baru.

Ini termasuk menunjuk Politbiro baru dan Politbiro Standing Committee, kelompok 22-25 dan 7-9 masing-masing pejabat, yang memegang kekuasaan tertinggi, Komisi Militer Sentral yang baru, yang mengontrol angkatan bersenjata, dan Sekretariat yang baru, yang mengimplementasikan keputusan Politbiro . Komite juga menunjuk sekretaris jenderal baru dari Partai Komunis China, yang diharapkan adalahXi Jinping.

Dengan demikian, ketika Partai akan mengumumkan, kongres dari 2.268 memilih komite sekitar 370, yang memilih Politbiro sekitar 22 (atau mungkin 25), memilih Komite Tetap 7 (diharapkan tahun ini akan berkurang dari saat ini 9). Ini disebut demokrasi intra-Partai.

Realititas
Dalam dunia nyata proses berjalan dari atas ke bawah, bukan dari bawah ke atas, menurut Cheng Xiaonong, seorang ekonom yang sekarang tinggal di Amerika Serikat mantan pembantu Zhao Ziyang. Zhao adalah pemimpin Partai yang digulingkan setelah Pembantaian Tiananmen pada tahun 1989.

“Ini disebut ‘sentralisme demokrasi,'” katanya. “Semua anggota partai mengikuti pusat Partai. Tidak seorang pun seharusnya memiliki pikiran sendiri, Anda hanya melakukan apa yang seharusnya Anda lakukan dan apa yang diminta Anda untuk lakukan oleh para pemimpin. Ini tidak ada hubungannya dengan demokrasi.” “Pemilihan” Komite Sentral oleh 2.000-beberapa delegasi sebenarnya sudah diputuskan sebelumnya, menurut Cheng.

“Anda memilih orangyang diinginkan oleh atasanAnda untukdipilih. Jika Anda mengatakan, ‘Tidak’ atau menulis nama yang salah, itu akan jadi masalah. Seseorang akan berbicara dengan Anda dan memperingatkan bahwa jika Anda ingin bertahan sebaiknya Anda melakukan hal yang benar. Anda tidak punya pilihan. Anda hanya stempel karet. ”

Pada 1980-an Cheng pernah memiliki pekerjaan menjadi monitor politik delegasi ke kongres dan melihat tangan pertama operasi rahasia bagaimana “suara” ditentukan oleh tingkat yang lebih pejabat tinggi sebelumnya.

“Tahun ini telah sangat penting dalam sejarah PKC,” kata Cheng. “Ini pertama kalinya sejak 1949, ketika Partai mengambil alih kekuasaan, bahwa telah terjadi perebutan kekuasaan yang nyata antara dua kelompok di atas, berkelahi satu sama lain selama satu tahun atau lebih.”

Dia melanjutkan: “Ada banyak skandal dan banyak perkelahian, dan banyak informasi yang dirilis ke media asing untuk menyerang pihak lain. Kita telah melihat semua hal di tahun lalu.” Perjuangan ini terutama untuk menjadi siapa yang mengendalikan kekuasaan tertinggi yang dikerahkan oleh Komite Tetap, dan berapa banyak anggota komite ini.

“Kali ini para pejabat menginginkan Komite Tetap yang lebih kecil, sehingga akan lebih mudah untuk mengontrol. Partai Komunis Soviet melakukan ini di era Stalin. Partai Komunis China menyalin model tersebut. Guru sebenarnya adalah Stalin.” (EpochTimes/man)
http://www.erabaru.net/top-news/36-news1/31949-kongres-partai-dibuka-di-beijing-usaha-sudah-selesai

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: