Calon Pemimpin China Misterius


BEIJING, KOMPAS.com — China akan memutuskan siapa presiden untuk 10 tahun mendatang. Nama yang disebut-sebut untuk menggantikan Presiden Hu Jintao adalah Xi Jinping.

Namun, figur ini disebut sebagai misterius. Sama seperti Hu Jintao yang misterius, Xi juga dijuluki demikian. Pada September lalu, dia menghilang dan sempat memicu rumor bahwa dia menderita serangan jantung, menderita stroke, cedera saat berenang, bahkan disebut dia sedang ngambek.

Xi tak lama kemudian tampil. Apa yang terjadi? Tidak ada pihak luar yang tahu.

Mike Chinoy, mantan koresponden CNN dan kini staf ahli di US-China Institute, University of Southern California, mengatakan, Xi sulit ditebak.

“Xi Jinping sekian lama tidak dikenal. Kenaikan pamornya dalam sistem politik China juga tidak diketahui alasannya,” kata Chinoy.

Hal yang jelas, Xi yang berusia 59 tahun itu adalah putra veteran revolusioner. Dia lahir di Kabupaten Fuping, Provinsi Shaanxi. Dia pernah dikirim bekerja di usaha pertanian komunis sebelum kuliah di Universitas Tsinghua yang terkenal itu pada tahun 1975.

Xi belajar teknik kimia dan kemudian bekerja di Kementerian Pertahanan sebagai sekretaris mantan Menhan China Geng Biao. Karier politiknya dimulai di daerah asal, kemudian beranjak ke Provinsi Hebei, lalu mendarat di Provinsi Fujian sebagai wakil gubernur pada tahun 1999, kemudian menjadi Gubernur Provinsi Fujian.

Kariernya menanjak menjadi pejabat senior pemerintah dan Partai Komunis di Zhejiang pada tahun 2002. Pada tahun 2007, Xi dipromosikan sebagai Wakil Ketua Komisi Pusat Militer dan Presiden Sekolah Pusat Partai. Ini adalah instansi yang menjadi bagian penggodokan para pemimpin China.

Ayahnya, Xi Zhongxun, pernah menjadi elite Partai Komunis yang sempat dipenjarakan semasa Revolusi Kebudayaan. Setelah dilepas dari penjara, ayahnya terpilih sebagai anggota Politbiro dan menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri.

Saat berkuasa, ayahnya mendukung liberalisasi ekonomi dan mengotaki pembentukan zona khusus ekonomi.

Xi dianggap sebagai binaan mantan Presiden China Jiang Zemin dan mantan Wakil Presiden Zeng Qinghong. Xi dianggap proreformasi ekonomi, sebagaimana dikatakan oleh Cheng Li dari The Brookings Institution yang berbasis di Washington. (CNN)
Editor : Agus Mulyadi
http://internasional.kompas.com/read/2012/11/06/00153876/Calon.Pemimpin.China.Misterius

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: