Zhou Yongkang, Arsistek Protes Anti-Jepang

Oleh Ariel Tian

Pemimpin Partai China Hu Jintao (kiri) dan Xi Jinping (kanan) menghadiri pertemuan untuk sesi pleno Kongres Rakyat Nasional China (NPC) pada 10 Maret 2011 di Beijing. Sebuah sumber mengatakan kepada media partner untuk The Epoch Times bahwa Beijing sedang menyelidiki apakah Zhou Yongkang terlibat dalam protes anti-Jepang baru-baru ini dan masih berlanjut. (Lintao Zhang / Getty Images)

Sebuah sumber di Beijing mengatakan kepada mitra media untuk The Epoch Times (20/9) bahwa Hu Jintao terkejut atau kaget oleh demonstrasi kekerasan anti-Jepang baru-baru ini, dan Beijing kemungkinan akan melakukan investigasi terkait masalah ini.

“Hu menyatakan bahwa demonstrasi yang disebabkan oleh sengketa Kepulauan Senkaku telah dimanfaatkan untuk membangkitkan kerusuhan internal,” kata orang dalam New Epoch Weekly, majalah mitra untuk The Epoch Times.

Pada 18 September, ulang tahun ke-81 dari “Insiden Mukden,” yang digunakan Jepang sebagai alasan untuk menyerang China pada tahun 1931, hampir 100 kota China berparade di jalan-jalan, membawa potret Mao Zedong dan spanduk.

Spanduk dengan slogan-slogan “Kepulauan Senkaku milik China, dan Bo Xilai milik rakyat” digunakan di beberapa kota.

Di tempat lain terjadi pembakaran dealer mobil, sejumlah restoran jepang dihancurkan, dan beberapa toko Jepang dijarah.

Netizens mengidentifikasi sejumlah pemimpin protes adalah pejabat partai atau polisi, meningkatkan kekhawatiran bahwa protes dalam beberapa kasus tidak spontan, namun terencana dengan tujuan tertentu.

“Apakah politik dan sistem hukum terlibat dalam serangkaian kekerasan sedang diselidiki, tetapi tampaknya pemerintah Beijing telah memperoleh beberapa bukti,” kata orang dalam New Epoch Weekly.

Zhou Yongkang, kepala Komite Politik dan Legislatif, yang mengawasi apa yang orang dalam sebut sebagai “sistem politik dan hukum,” diperkirakan telah terlibat dalam mengorganisir protes dari balik layar, kata orang dalam.

“Jika benar, konsensus dalam PKC bahwa Zhou Yongkang akan mundur dengan lancar akan berubah,” kata yang bersangkutan, yang berarti bahwa Zhou bisa menghadapi beberapa bentuk sangsi disiplin tergantung pada hasil penyelidikan.

Sumber informasi lain terpercaya di Beijing mengatakan kepada New Epoch Weekly bahwa pada tahap awal dari konflik Kepulauan Senkaku, banyak jenderal militer PKC mengambil sikap keras terhadap masalah ini, tetapi kemudian tetap tenang setelah Xi Jinping meminta mereka untuk tidak mengobarkan ketegangan.

Sumber kedua menambahkan bahwa setelah Kongres Nasional ke-18, sejumlah pangeran, atau putra-putra tokoh revolusioner komunis, akan bergabung dengan Komisi Militer Pusat dan menerima perintah dari Xi. Xi dipastikan mampu secara efektif melakukan kebijakan luar negeri dengan Amerika Serikat dan Jepang, dua hubungan internasional utama bagi China. (EpochTimes/man)
http://www.erabaru.net/china-news-a-culture/44-china-update/31690-zhou-yongkang-diduga-terlibat-dalam-protes-anti-jepang-

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: