Aksi Bakar Diri Abaikan Himbauan Pemimpin Tibet


Sejumlah mahasiswa Tibet memegang poster para peserta aksi. Seorang pria Tibet melakukan aksi bakar diri pada Sabtu (29/9), beberapa hari setelah pemimpin Tibet di pengasingan menghimbau untuk mengakhiri aksi ini. (Sajjad Hussain / AFP / GettyImages)

Hanya beberapa hari setelah pemimpin Tibet di pengasingan menghimbau warganya untuk tidak melakukan aksi bakar diri, seorang pria Tibet kembali melakukan aksi ini Sabtu (29/9), memprotes rezim komunis China yang telah melakukan kekerasan di Provinsi Qinghai.

Pria yang mengenakan pakaian Tibet, telah mengorbankan dirinya di Wilayah Dzatoe, Prefektur Yushul, Otonomi Tibet, yang akhirnya dibawa oleh pasukan keamanan China, menurut laporan Radio Free Asia, mengutip sumber-sumber lokal.

“Selama aksi, ia meneriakkan berbagai slogan kemerdekaan Tibet,” kata seorang sumber, yang tidak disebutkan namanya karena alasan keamanan.

“Dia berjalan melewati beberapa toko Tibet di kompleks perbelanjaan wilayah Dzatoe dengan tubuhnya terbakar,” kata sumber itu, menambahkan bahwa pemilik toko setempat telah berusaha menyiram pria itu dengan air untuk memadamkan api. Sumber lain menambahkan bahwa telah terjadi insiden yang lebih mengerikan sebelum ia dibawa oleh pihak berwenang China.

Pemimpin Tibet di pengasingan pekan lalu menyerukan agar warga Tibet di China untuk tidak melakukan aksi bakar diri. Setidaknya 52 orang Tibet telah melakukan bakar diri sejak Maret 2009, sebagian besar terjadi di Provinsi Sichuan dengan lebih dari 40 kematian. (EpochTimes/sua)
http://www.erabaru.net/china-news-a-culture/44-china-update/31711-aksi-bakar-diri-abaikan-himbauan-pemimpin-tibet

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: