Kepercayaan Kepala Partai Bergeser ke Era Soviet

Oleh Matthew Robertson

Sekutu lama dan loyalis pimpinan partai komunis China , Hu Jintao telah dipilih mengepalai sebuah lembaga komunis mirip era perang dingin. Ini hanya sebulan sebelum Kongres Partai ke-18 ketika sejumlah besar pergeseran personil biasanya diumumkan dan bawahannya kemudian dipromosikan untuk mengambil tugas lama. Kedua pergeseran yang signifikan, namun para ahli belum begitu jelas apa yang mereka maksud.

Media pemerintah pada 1 September mengumumkan bahwa Ling Jihua akan memimpin Front Departemen Bersatu, yang tugasnya adalah untuk mengisolasi musuh PKC dan mengembangkan aliansi dengan kelompok-kelompok non-komunis.

Ling sebelumnya direktur Kantor Umum PKC, posisi pembantu yang paling dipercaya, setara dengan kepala staf untuk pimpinan komunis. Kantor umum mengontrol pengaturan perjalanan dan keamanan pemimpin puncak.

Dalam kekisruhan pengaturan personel komunis China, di mana Partai tidak memberikan alasan resmi untuk penugasan, berbagai penjelasan dan teori telah muncul untuk Ling dan pekerjaan baru Li.

Sebelum diumumkan corong pemerintah, Xinhua, diperkirakan bahwa Ling akan memiliki peluang bagus untuk memasuki Komite Tetap PKC, organ tertinggi kekuasaan, karena hubungan dekatnya dengan Hu Jintao.

Namun pengumuman tersebut merupakan indikasi hampir pasti, menurut analis politik, bahwa Ling tidak akan diberikan tempat di Komite Tetap, yang akan diputuskan pada Kongres Partai Nasional ke-18, musim gugur ini.

Selanjutnya, orang dalam yang sebelumnya membocorkan ke The Epoch Times daftar anggota yang masuk komite tetapdan nama-Ling Jihua itu tidak berada di dalamnya.

Hal ini juga tidak jelas apakah langkah Ling dari Kantor Umum ke Front Departemen bersatu adalah penurunan jabatan, seperti yang ditandai di beberapa laporan. Menurut Heng He, seorang analis politik senior kepada televisi berbahasa Mandarin, New Tang Dynasty Television, kuncinya adalah siapa yang melakukan tugas tersebut, dan bukan jabatan resmi.

“Jia Qinglin adalah Ketua Konferensi Konsultatif Politik, jabatan yang cukup kosong, tapi tidak ada yang akan mengatakan ia tidak memiliki kekuatan,” Heng He mengatakan, mengacu pada peringkat empat anggota Komite Tetap.

Bawahan Ling, Li Zhanshu, pendukung lain Hu Jintao dari faksi Liga Pemuda Komunis, mengambil alih jabatan Ling. Li Zhanshu akan menjadi direktur Kantor Umum PKC.

Apakah salah satu atau keduanya akan diberikan tempat di Politbiro, 24-anggota organ Partai yang membentuk Komite Tetap, tidak jelas. Telah dilaporkan bahwa Komite Tetap akan berkurang dari sembilan menjadi tujuh orang tahun ini.

Dalam kasus Li Zhanshu, ia pertama kali dilaporkan sebagai wakil direktur Kantor Umum hanya pada 29 Agustus, saat memberikan sambutan pada forum resmi tentang standar kebersihan selama perayaan publik.

Dua hari kemudian, pada 1 September, ia diumumkan sebagai direktur, promosi jalur cepat yang mengangkat alis.

Li Zhanshu dikenal memiliki hubungan dekat dengan Xi Jinping, ketika di awal 1980-an mereka berdua sebagai sekretaris Partai di kabupaten terdekat di Provinsi Hebei.

Apakah Li akan tetap pada jabatannya setelah Kongres Partai ke-18 masih belum jelas, namun kebanyakan analis memperkirakan bahwa itu adalah kasusnya, Xi Jinping telah mengangkat kepala staf untuk masa jabatannya.

“Perubahan besar personel biasanya dibuat pada Kongres Partai. Sekarang mereka sudah melakukannya beberapa bulan sebelumnya,” kata Heng He. “Itu tidak biasa. Pasti ada beberapa alasan di balik itu, namun kita tidak tahu apa alasannya.” (EpochTimes/man)
http://www.erabaru.net/top-news/36-news1/31509-kepercayaan-kepala-partai-bergeser-ke-era-soviet

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: