Kematian Playboy Picu Perubahan Politik China

Fajar Nugraha

BEIJING – Transisi politik yang direncanakan berlangsung setelah satu dekade, diharapkan berlangsung mulus. Tetapi hal tersebut terganggu oleh kematian anak seorang pejabat tinggi China, dalam sebuah mobil dan diduga terlibat permainan seks.

Kejadian menimpa korban yang selama ini dikenal playboy tersebut terjadi pada Maret lalu di Beijing. Kecelakaan tersebut melibatkan dua orang perempuan dan pemberitaan mengenai peristiwa ini di Hong Kong.

Penutupan berita mengenai masalah ini, dikabarkan membuat berang warga China. Kondisi ini juga menimbulkan kemarahan karena banyaknya pejabat tinggi China yang bertindak ceroboh. Demikian seperti dikutip Reuters, Selasa (4/9/2012).

Kematian dari Ling Gu, yang diketahui sebagai putra dari orang terdekat dari Presiden Hu Jintao, mendapatkan perhatian minim dari media nasional China. Ling yang mengendarai Ferrari pada 18 Maret lalu, tewas mengenaskan saat mengalami kecelakaan dalam kecepatan tinggi.

Laporan menunjukkan, Ling dalam kondisi setengah bugil saat mobilnya terlibat tabrakan. sementara dua dari penumpan perempuan yang tengah bersamanya, diketahui dalam kondisi telanjang dan setengah telanjang. Penyelidikan menyebutkan, ketiganya diyakini terlibat permaianan seks di dalam mobil dalam kecepatan tinggi.

Detil mengenai kecelakaan yang dialami oleh pria yang dikenal playboy ini, tidak dikeluarkan secara menyeluruh. Pihak Biro Keamanan Publik dan beberapa kabinet di China pun enggan memberikan komentar. Kasus ini pun menjadi tamparan terbaru dari Pemerintahan China.

Sebelummya ayah dari Ling Gu, Ling Jihua, baru saja ditunjuk untuk menjabat posisi baru di pemerintahan sebagai kepala Departemen Front Pekerja China. Padahal, posisi Ling Jihua sebelumnya sangat strategis. Dirinya menjabat sebagai Direktur Komite Pusat Partai Komunis. Kini jabatan tersebut dipegang oleh Li Zhanshu, yang dianggap sekutu terdekat dari Xi Jinping, yang dipersiapkan menjadi Presiden China selanjutnya.

Beberapa analisis menilah perpindahan ini menjadi kemenangan dari kubu Xi dan menjadi tamparan bagi Presiden Hu Jintao. Sebelumnya, orang terdekatnya turut terlibat dalam kasus memalukan. Bo Xilai terpaksa mundur dari politbiro pemerintah, setelah istrinya terlibat dalam kasus pembunuhan pengusaha asal Inggris.(faj)
http://international.okezone.com/read/2012/09/04/413/685133/redirect

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: