China Eksklusif: Peran Anggota Komite Tetap Baru Diputuskan

Oleh Chen Jing & Jack Phillips

Kongres Partai Komunis China (PKC) 17 pada 21 Oktober 2007 di Beijing. Sumber orang dalam mengatakan bahwa Komite Tetap yang baru akan dikurangi menjadi tujuh anggota. (Guang Niu / Getty Images)

Partai Komunis China memperketat siapa yang akan ditunjuk selama Kongres ke-18 Partai pada musim gugur ini sebagai Komite Tetap Politbiro, organ partai paling kuat di China. Namun, daftar terakhir yang diperoleh The Epoch Times dari orang dalam partai menunjukkan siapa saja anggota baru dan badan pengambilan keputusan kuat yang akan dikurangi menjadi tujuh anggota, posisi keamanan dan kepala propaganda dihapus.

Daftar ini menunjukkan bahwa Xi Jinping, secara luas diperkirakan menduduki tempat Hu Jintao sebagai pemimpin tertinggi PKC-yang akan berfungsi sebagai Sekretaris Partai dan Kepala negara, sedangkan Li Keqiang akan menggantikan Wen Jiabao sebagai Perdana Menteri Dewan Negara, seperti yang diharapkan. Mereka akan secara resmi dilantik dalam Kongres Partai ke-18, yang diperkirakan akan berlangsung pada Oktober mendatang.

Peran baru Komite Politbiro Tetap

Setelah Xi Jinping dan Li Keqiang, sisa lima anggota pada daftar untuk Komite Tetap sebagai berikut:

• Zhang Dejiang, yang saat ini adalah Ketua Partai Provinsi Guangdong dan Zhejiang, akan ditunjuk sebagai ketua Komite Nasional Konferensi Konsultatif Politik Rakyat China;
• Li Yuanchao, Ketua Departemen Organisasi Partai, akan ditunjuk sebagai wakil presiden;
• Wang Qishan, akan mempertahankan posisinya sebagai wakil perdana menteri, di bawah Li Keqiang;
• Yu Zhengsheng, saat ini sebagai Sekretaris Partai Shanghai, akan menjadi Ketua Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional;
• Wang Yang, Ketua Partai Komunis Guangdong, akan menjadi Sekretaris Komisi Pusat untuk Inspeksi Disiplin Departemen-yang bertugas menyelidiki korupsi dan kejahatan yang dilakukan oleh anggota partai komunis.

Komite Tetap Politbiro saat ini memiliki sembilan anggota, yang merupakan hasil dari ekspansi Kongres Partai ke-16 pada tahun 2002. Pada saat itu, Jiang Zemin menempatkan dua loyalisnya-Luo Gan dan Li Changchun-untuk menangani keamanan dan propaganda masing-masing. Fungsi utama mereka adalah untuk memastikan bahwa kampanye melawan latihan spiritual Falun Gong dilanjutkan ketika ia tidak lagi menjabat kepala PKC. Mempertahankan kampanye diperlukan memobilisasi sumber daya negara yang besar dalam memfitnah kelompok ini dan mengurung para pengikutnya ke kamp kerja paksa di mana mereka akan disiksa dan dicuci otak agar mereka meninggalkan keyakinannya.

Sekretaris Komite Urusan Politik dan Legislatif (PLAC) saat ini adalah Zhou Yongkang loyalis lain Jiang. PLAC adalah alat sangat rahasia dan aparat penyapu yang mengontrol polisi, pasukan paramiliter, sistem pengadilan dan banyak lagi.

Langkah untuk menggeser sekretaris Komite Tetap PLAC menjadi 24 anggota Politbiro, di mana akan lebih berada di bawah pengawasan, yang sangat penting dalam iklim politik saat ini. Banyak anggota partai komunis tingkat tinggi telah menyatakan kekhawatiran bahwa posisi itu terlalu kuat dan mengancam supremasi Ketua Partai dan Ketua.

Shi Zangshan, ahli politik China berbasis di Washington DC, mengatakan PLAC dan posisi departemen propaganda saat ini ditahan oleh sekutu dekat mantan kepala PKC Jiang Zemin dan mengatakan posisi ini sedang dibawa keluar karena mereka terlalu dekat dengan pusat kekuasaan. Dia menunjukkan bahwa PLAC telah tumbuh terlalu kuat, berat, dan mahal. Anggaran untuk PLAClebih besar dari militer China, ia menambahkan.

Sebuah laporan terbaru dari Reuters menunjukkan juga bahwa peran PLAC di Komite Tetap akan dikurangi. Zhou Yongkang dijadwalkan pensiun tahun ini dan langkah untuk membuat PLAC kurang kuat bisa dilihat sebagai cara untuk mengontrol penggantinya, menurut kantor berita tersebut.

“Sebagai sesuatu yang sekarang berdiri sendiri, sekretaris Komite Urusan Politik dan Hukum tidak akan berada di Komite Tetap. Dia harus bertanggungjawab kepada seseorang di Komite Tetap. Pada dasarnya, ia tidak akan lagi menjadi hakim sendiri,” kata seorang pejabat partai komunis pensiunan yang tetap dekat dengan pejabat senior kepada Reuters.

Politisi digulingkan Bo Xilai, yang pernah duduk di Komite Tetap, saat ini sedang diselidiki oleh Komisi Sentral Inspeksi Disiplin, menurut laporan dan bocoran dari China. Sampai kehancuran spektakuler politiknya awal tahun ini, Bo Xilai adalah pesaing politik dan saingan utama Wang Yang. (EpochTimes/man)
http://www.erabaru.net/china-news-a-culture/44-china-update/31498-china-eksklusif-peran-anggota-komite-tetap-baru-diputuskan

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: