Korban Tewas Akibat Ledakan Tambang Batu Bara China Jadi 37 Orang

Novi Christiastuti Adiputri – detikNews

Beijing, Korban tewas akibat ledakan di tambang batu bara China terus bertambah. Sejauh ini dilaporkan 37 orang tewas dan 10 orang masih terjebak di dalam area penambangan.

Seperti diberitakan Xinhua dan dilansir AFP, Jumat (31/8/2012), sebagian besar korban tewas merupakan pekerja tambang. Total ada 154 pekerja tambang yang sedang bekerja di kompleks Tambang Batu Bara Xiaojiawan, kota Panzhihua, Provinsi Sichuan, ketika ledakan terjadi pada Rabu (29/8) sore waktu setempat.

Upaya pencarian korban yang dilakukan oleh tim penyelamat mengalami sedikit hambatan. Suhu udara yang terlampau panas dan keberadaan gas beracun karbon monoksida di area penambangan cukup mempersulit tim penyelamat.

Sementara itu, pemerintah setempat menyatakan pihaknya telah menahan seseorang yang diduga bertanggung jawab atas insiden ini. Namun tidak dijelaskan lebih lanjut siapa orang yang ditahan tersebut. Meski sebelumnya polisi setempat telah memintai keterangan dari pemilik tambang ini, yakni Zhengjin Industry and Trade co.

Insiden serupa sebenarnya bukan hal baru di China. Sebagian insiden dinilai disebabkan oleh kurangnya standar keamanan kerja dan tekanan yang diberikan kepada para pekerja untuk memenuhi kuota hasil tambang dan demi keuntungan produksi.

Pemerintah China mencatat, sebanyak 1.973 orang tewas dalam insiden yang terjadi di area penambangan sepanjang tahun 2011 lalu. Sedangkan pada tahun 2010, tercatat ada 2.433 orang yang tewas dalam insiden serupa. Angka tersebut mengalami penurunan dari tahun 2009 yang mencapai 2.631 orang.

Namun sejumlah organisasi buruh setempat menyatakan, korban tewas akibat insiden kerja di area tambang terus meningkat. Namun pemilik tambang seringkali enggan melaporkan insiden yang dialami pekerjanya karena mereka tidak mau rugi dan juga menghindari sanksi. China merupakan salah satu negara pengguna batu bara terbesar di dunia, dimana penggunaan batu bara sebagai bahan bakar mencapai 70 persen dari kebutuhan totalnya.

(nvc/mad)

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: