Istri Petinggi RRC Pakai Joki di Pengadilan?

Muncul dugaan terdakwa di ruang sidang pengadilan bukanlah Gu Kailai

VIVAnews – Drama persidangan istri petinggi Partai Komunis China, Bo Xilai, rupanya belum berakhir. Sang istri, Gu Kailai, memang telah divonis oleh pengadilan. Namun, beredar kabar bahwa wanita yang hadir dalam sidang tersebut bukanlah Gu, melainkan orang lain.

Jejaring sosial di China diramaikan dengan beredarnya foto perbandingan antara wanita di pengadilan dan foto Gu. Jika diperhatikan, wanita di pengadilan itu lebih gemuk dan penampilannya tidak serapi Gu, yang berprofesi sebagai pengacara. Bahkan, dilansir surat kabar Daily Mail, kedua wanita tersebut nyaris tidak memiliki kemiripan.

“Perhatikan sudut bibir, kantong mata, dan telinga mereka. Fokus pada telinga dan kantong matanya,” tulis seorang pengguna. Saudari adopsi Gu, Yu Shuqin, memiliki pendapat serupa. “Orang bisa menjadi segemuk apa saja, namun bentuk telinga tentu tidak bisa berubah,” katanya, seraya menyebut wanita di persidangan sebagai penipu.

Di sisi lain, jurnalis Jiang Weiping yang sering berkontak dengan Gu dan suaminya selama bertahun-tahun, meyakini bahwa yang hadir di pengadilan adalah Gu asli. Diberitakan Zee News, harian Financial Times yang berbasis di London meminta pertimbangan pada pakar yang familiar dengan perangkat lunak facial recognition untuk memastikan identitas keduanya.

Mereka sendiri yakin, bukan Gu yang hadir dalam sidang. Entah siapa wanita itu dan apa motifnya ‘menyamar’ menjadi Gu.

Gu Kailai dijatuhi vonis “hukuman mati yang ditangguhkan” dalam sidang 20 Agustus lalu karena terbukti membunuh Neil Heywood, seorang pengusaha asal Inggris. Namun, vonis ini bisa berganti menjadi hukuman penjara seumur hidup bila terpidana tidak terlibat kejahatan serius lainnya dalam kurun dua tahun mendatang.

Bahkan, seperti dikutip The Wall Street Journal, Gu bisa bebas dari penjara dengan alasan medis bila sudah mendekam selama sembilan tahun. Bagi kalangan awam, ini merupakan hukuman yang tergolong aneh.

Kasus pembunuh ini ramai diberitakan media massa dan disebut sebagai sidang pengadilan yang paling menghebohkan dalam kurun 30 tahun terakhir.

Skandal pembunuhan ini dianggap menghancurkan karir politik Bo Xilai, yang pernah dipandang sebagai kandidat kuat dalam perebutan kursi pemimpin Partai China Komunis berikutnya. Dia bahkan sempat dijagokan bakal menduduki Komite Tetap Politbiro Partai Komunis China, yang bakal berganti kepemimpinan akhir tahun ini.
http://dunia.news.viva.co.id/news/read/346426-istri-petinggi-china-pakai-joki-di-sidang-

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: