Gao Zhisheng Dipastikan Masih Hidup

Ditulis oleh NTD NEWS


Kunjungan ini hasil perjuangan panjang kakak Gao, Gao Zhiyi dalam mencari informasi tentang keberadaan Gao dan izin untuk mengunjunginya.

Geng He, Istri Gao Zhisheng mengatakan, “Ayah saya sempat berbicara kepadanya selama sepuluh menit dan kakaknya berbicara selama 20 menit. Gao bertanya tentang kesehatan saya pada ayah saya, dan berkata bahwa kami harus lebih memperhatikan ibu saya. Setelah itu, Gao menanyakan kesehatan ayah saya. Ayah saya berkata bahwa dia baik-baik saja, dan bahwa sekarang semuanya baik-baik saja setelah ia melihat Gao. Setelah itu Gao pun meneteskan air mata.”

Gao Zhisheng adalah salah satu dari sepuluh pengacara top di Tiongkok. Setelah menangani kasus HAM, ijin prakteknya dicabut pemerintah. Pada tahun 2005, Gao sempat menulis serangkaian surat kepada Hu Jintao dan Wen Jiabao, mendesak mereka untuk mengakhiri penganiayaan terhadap Falun Gong dan umat Kristen Tionghoa. Ia secara publik mundur dari Partai Komunis.

Tahun 2006 Gao dihukum dengan tuntutan ‘menghasut subversi’ dan selalu berada dibawah pengawasan, tahanan rumah atau dalam pusat tahanan. Tahun 2007 Gao menulis surat terbuka pada Kongres AS untuk memboikot Olimpiade Beijing 2008. Ia menjelaskan tentang penindasan terhadap Falun Gong dan penyiksaan terhadap dirinya selama penahanan.

Rezim Tiongkok lalu meningkatkan penganiayaan atas Gao, dan tidak ada yang pernah melihat Gao 21 bulan terakhir. Pihak berwenang Tiongkok di bulan Januari berkata bahwa Gao berada di penjara Xinjiang. Istri Gao berkata ia tak akan percaya dan mengatakan kemungkinan Gao sudah meninggal. Kekhawatiran itu sudah hilang, namun Geng berkata jalan di depan mereka masih panjang.

“Akhirnya saya dapat tidur nyenyak. Sebelum ini saya selalu terbangun oleh mimpi buruk dan tidak bisa tidur. Walau sekarang situasinya sudah lebih baik, saya tetap merasakan beban yang sangat berat. Kesulitan Gao Zhisheng masih belum selesai, dan saya masih harus terus berbicara untuk Gao sampai dia dibebaskan. Dan sampai keluarga kami kembali bersatu,” kata Geng He.

Meskipun Gao dapat bertemu dengan anggota keluarganya, nasib kedepannya masih belum diketahui.
http://www.erabaru.net/ntdtv-videos/91-ntd-news/29975-gao-zhisheng-dipastikan-masih-hidup

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

