Pembersihan Kroni Bo Xilai di Chongqing Berlanjut


Bo Xilai pada 13 Maret di Beijing, China, dua hari sebelum ia digantikan sebagai Sekretaris Partai Komunis China Kotamadya Chongqing. Anggota Politbiro Zhang Dejiang akan menempati posisi tersebut. (Lintao Zhang/Getty Images)

Wang Lijun membuat kartu domino dalam gerakannya ketika ia melarikan diri ke Konsulat AS di Chengdu pada 6 Februari. Upaya suaka kepala polisi Chongqing ini telah disimpulkan sebagai titik puncak oleh pengamat China, karena semua tanda-tanda menunjukkan sebuah perjuangan politik yang besar telah dimulai.

Tidak lama setelah Wang Lijun dibawa ke Beijing oleh pemerintah pusat untuk penyelidikan, Bo Xilai, sebagai dalang dibalik layar dan sebagai sekretaris partai Chongqing, dipecat. Bo saat ini sedang dalam tahanan rumah di Beijing dan sedang diselidiki atas tuduhan korupsi.

Wang Pengfei, pria yang menyediakan Wang Lijun kendaraan untuk diam-diam kabur ke Chengdu, juga telah ditahan untuk penyelidikan, Caixin media melaporkan. Sejauh ini, tidak ada berita apa-apa tentang penahanan Wang Pengfei kepada Biro Keamanan Umum Kabupaten Yubei, yang mana ia sendiri adalah wakil kepala.

Rumor Pembersihan politik di Chongqing terus berlanjut bahwa Xia Zeliang, sekretaris partai untuk Distrik Nan’an di Chongqing juga sedang diselidiki. Media Daratan dikonfirmasi rumor pada 26 Maret dan Economic Observer Online mengatakan melalui sumber-sumber lokal bahwa dia diseret untuk penyelidikan kriminal pada 21 Maret.

Seorang wartawan lokal di Chongqing mengatakan Xia memiliki hubungan yang sangat erat dengan Bo Xilai dan dipromosikan menjadi sekretaris partai untuk Nan’an pada Oktober 2009.

Berikutnya dalam daftar adalah Wu Wenkang, wakil sekretaris jenderal lain di Chongqing yang dipromosikan selama berkuasanya Bo Xilai. Wu juga telah ditahan dan diinterogasi.

Wu diangkat sebagai wakil sekretaris jenderal Komite Partai Kota Chongqing pada Januari 2008.

Penahanan dua orang Xia dan Wu menghembuskan banyak kesulitan pada tingkat senior pejabat departemen di Chongqing, terutama yang memiliki hubungan dekat dengan Bo Xilai.

Sekretaris partai baru untuk Chongqing, Zhang Dejiang, dikatakan menjadi loyalis Hu Jintao dan ditempatkan di sana setelah Bo digulingkan. (EpochTime/man)
http://www.erabaru.net/top-news/38-news3/29904-pembersihan-kroni-bo-xilai-di-chongqing-berlanjut

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: