Mantan Pemimpin Komunis China Sekarat


Jiang Zemin. (Minoru Iwasaki-Pool. Foto Getty Images)

Jiang Zemin, mantan pemimpin Partai Komunis China (PKC), saat ini dalam keadaan sekarat, mengandalkan perangkat medis dan infus untuk membuatnya tetap hidup, menurut seseorang di China yang mengetahui keadaannya.

Seseorang yang tidak dapat diidentifikasi karena takut, mengatakan bahwa kondisi Jiang tidak memainkan peran dalam pertikaian politik saat ini.

Berita itu datang ketika pertikaian parah dalam tubuh partai komunis semakin memanas dan tersebar ke publik dalam beberapa pekan terakhir. Kedua fraksi yang bertikai adalah faksi Jiang (termasuk kepala keamanan Zhou Yongkang dan mantan kepala partai Chongqing Bo Xilai yang baru-baru dipecat), dengan faksi pemimpin China Hu Jintao dan Perdana Menteri Wen Jiabao.

Jiang (85), adalah kepala Partai Komunis China 1989-2002. Dia adalah presiden dari Republik Rakyat China 1993-2003, serta ketua Komisi Militer Pusat 1989-2005.

Jiang Zemin naik ke tampuk kekuasaan pada tahun 1989 setelah mendorong tindakan keras di Lapangan Tiananmen pada bulan Juni yang mengakibatkan pembantaian. Dia menggantikan Zhao Ziyang sebagai ketua partai komunis.

Jiang meluncurkan penganiayaan terhadap latihan spiritual Falun Gong pada bulan Juli 1999, kendati ada keberatan dari pejabat tinggi dan anggota Partai, dilaporkan, juga dari anggota keluarganya sendiri.

Meskipun Jiang digantikan sebagai kepala PKC oleh Hu Jintao pada tahun 2004, Jiang mempertahankan kekuatan yang signifikan di belakang layar sebagai kepala sebuah faksi dalam PKC.

Zhou Yongkang, kepala pasukan keamanan, telah menjadi orang dalam untuk faksi Jiang dalam perebutan kekuasaan saat ini. Zhou diangkat melalui pengangkatan rahasia memimpin Komite Urusan Politik dan Legislatif, sebuah organisasi dengan kekuasaan yang luas tak terkendali, setelah dia menunjukkan dia bisa setia kepada Jiang. Loyalitas ini diungkapkan melalui penganiayaan berdarah Zhou terhadap praktisi Falun Gong.

Kesehatan Jiang telah jadi tanda tanya selama beberapa bulan ini. Dia terakhir muncul di depan publik pada Oktober tahun lalu, setelah media Hong Kong dan setidaknya satu penyiar China melaporkan bahwa ia telah meninggal. (EpochTimes/man)
http://www.erabaru.net/top-news/36-news1/29891-mantan-pemimpin-komunis-china-sekarat

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: