Mengapa Komunis China Takut Shen Yun?

Ditulis oleh Zhang Pu

Pertunjukan Shen Yun Performing Arts di Straz Center for Performing Arts di Tampa, Fla. yang penuh dengan penonton, pada 3 Maret. (Markus Zou/Epoch Times)

Shen Yun Performing Arts telah melakukan tur keliling dunia 2012 sejak Desember lalu. Kembali mempertunjukan 5000 tahun kebudayaan dan seni dewata ortodok Tiongkok yang murni.

Sebelum tur kelima Shen Yun di Inggris, kedutaan China di London mulai mengganggu London Coliseum, tempat di mana Shen Yun akan mengadakan lima pertunjukan pada bulan April, mencoba untuk mencegah teater itu menyewakan tempat tersebut kepada Shen Yun. Berita itu telah menjadi pembahasan hangat orang-orang, dan opini publik mengutuk Kedutaan China.

Ketika saya mendengar Kedutaan Besar China di London menekan London Coliseum untuk tidak menyewakan tempat pada Shen Yun Performing Arts International Company, saya merasa tersinggung dan marah. Menurut pendapat saya, Partai Komunis China (PKC) takut Shen Yun tampil di London dan seluruh dunia.

Mengapa mereka begitu ketakutan? Saya telah menyaksikan pertunjukan Shen Yun, yang bukan hanya berkualitas kelas satu, ia juga merupakan kebudayaan tradisional Tiongkok ortodok, dengan standar moral dan nilai artistik tinggi. Ia telah banyak dipuji dan disambut di seluruh dunia. Media juga memberikan rating tinggi.

PKC ketakutan dengan pertunjukan Shen Yun karena dalam 60 tahun lebih PKC menguasai China, ia telah menghancurkan budaya dan moralitas tradisional Tiongkok. Di China sekarang sudah tidak ada budaya sama sekali, meninggalkan seni dan budaya tradisional.

Masyarakat secara keseluruhan telah kehilangan kode moral dan termotivasi oleh uang. PKC adalah kelompok otoriter gelap yang mengandalkan senjata untuk mempertahankan kekuasaannya. Ia tidak bersedia mempunyai sebuah citra kosmopolitan yang ditampilkan ke masyarakat dunia, sehingga ia mengirimkan rombongan seni dan berbagai jenis lain publisitas untuk mempromosikan apa yang disebut budaya Partai sebagai budaya Tiongkok.

Namun, karena ia kotor, rezim jahat tidak bermoralitas, maka promosi atau kelompok seni apapun yang dikirim ke luar negeri selalu tampil dengan ideologinya. Secara dangkal mereka disebut budaya tradisional China; meskipun demikian pada dasarnya semua orang tahu mereka dipenuhi dengan pandangan politik dan ideologi PKC. Mereka tidak mewakili budaya dan seni tradisional Tiongkok sedikitpun.

Karena itu, ketika orang menyaksikan pertunjukan Shen Yun, dikarenakan Shen Yun mewakili budaya dan seni tradisional Tiongkok, orang-orang tahu dan belajar esensi budaya tradisional Tiongkok yang sebenarnya. Orang-orang secara alami akan tahu siapa yang mewakili budaya tradisional Tiongkok yang sebenarnya. Dengan demikian, PKC akan berada dalam keadaan yang buruk sekali. Tidak mungkin kelompok-kelompok pertunjukan yang dikirim PKC dapat dibandingkan dengan Shen Yun Performing Arts, sehingga PKC ketakutan dengannya.

‘Propaganda Besar-besaran’ VS Seni Tradisional

Alasan PKC takut dengan Shen Yun Performing Arts terletak pada keberadaan kebebasan dunia Barat. PKC tidak dapat hidup sendiri dalam lingkarannya, tapi harus berinteraksi dengan dunia. Namun karena secara ilegal merepresi dan telah menganiaya orang-orang China untuk waktu yang lama dan melakukan banyak hal buruk di China, menurut pendapat Barat, rezim jahat adalah sebuah otoriter gelap.

PKC ingin mengubah citranya di kalangan masyarakat internasional, sehingga menghabiskan banyak uang, puluhan miliar yuan, melakukan apa yang disebut “Propaganda Besar-besaran” untuk menutupi dirinya sendiri. Ia ingin mencuci otak secara kolektif orang-orang di Barat dan bahkan dunia, dan membuat bagian timur menerima apa yang dipropagandakannya. Meskipun demikian, mereka menemukan itu sulit. Salah satu alasan utama adalah keberadaan Shen Yun Performing Arts.

Sejak Shen Yun Performing Arts tur keliling dunia dengan tiga perusahaan dan orkestra yang sama besar secara bersamaan setiap tahun, dan telah menyajikan ratusan pertunjukan, penonton di seluruh dunia benar-benar mendapatkan rasa dari budaya tradisional Tiongkok, dan keluasan dan keindahan seni ortodok.

Orang-orang telah melihat seni luhur yang sebenarnya. Shen Yun telah membawakan dunia isi sebenarnya dari kebudayaan tradisional Tiongkok, substansi luhur yang sebenarnya, dengan kesenian nyata. Dengan demikian, setelah menyaksikan Shen Yun, orang Barat dapat membuat perbandingan dengan propaganda PKC.

Mereka jelas tahu apa sebenarnya seni yang indah itu, apa yang menjadi seni dan budaya tradisional Tiongkok, dan apa yang menjadi esensi dari 5.000 tahun kebudayaan Tiongkok. Hasilnya, meskipun PKC mempunyai uang miliaran yuan untuk menyuap, propaganda, dan memoles dirinya sendiri, perusahaan seni seperti Shen Yun membuat PKC menghabiskan puluran miliar yuan dengan sia-sia [10 miliar yuan setara dengan 158 juta dolar AS], bagaikan menuang air ke dalam keranjang. Coba pikirkan, bagaimana ia tidak takut dengan Shen Yun Performing Arts?

Budaya dan Seni Tradisional Tiongkok

Saya telah menyaksikan beberapa pertunjukan di London, yang diklaim sebagai kelas satu oleh PKC. Saya juga menyaksikan penampilan Shen Yun di London, dan saya melihat kontras yang jelas; Ketika rombongan top PKC, Troupe Tari Departemen Politik Umum Tentara Pembebasan Rakyat datang, pertunjukannya penuh dengan lelucon seksual yang rendah, menggoda dari atas sampai ke bawah panggung.

Pertunjukan tarian mereka adalah sama dengan yang digunakan PKC selama beberapa dekade, seperti “lagu cucian” dengan prajurit Tentara Pembebasan Rakyat sedang mencuci pakaian. Hal-hal ini telah dicemooh semua orang untuk waktu yang lama. Hal ini mutlak bukan seni. Efek jenis apa yang dimilikinya?

Justru sebaliknya, ketika Shen Yun tampil di London, teater itu penuh, orang-orang dari semua lapisan masyarakat terpesona oleh kesenian Shen Yun. Saya mengatakan itu bukan hanya tentang kualitas artistik. Ini menunjukkan sesuatu yang luhur, adil, dan mulia. Kekuatan moralnya besar, itu sebabnya dapat menyentuh hati orang-orang dan disambut di seluruh dunia.

Itu sebabnya pertunjukan menakjubkan ini membuat PKC terlihat sangat buruk. Tidak peduli berapa banyak uang yang dimiliki PKC, ia tidak dapat mengeluarkan rombongan kinerja kelas dunia. Inilah sebabnya mengapa PKC mencoba segala cara untuk menghalangi pertunjukan Shen Yun di seluruh dunia.

Bandingkan rombongan pertunjukan PKC dengan Shen Yun Performing Arts, apakah itu orang Barat atau orang di seluruh dunia: selama orang itu memiliki otak yang normal, mereka dapat melihat, dengan membandingkan dua pertunjukan, bahwa tarian rombongan PKC tidak mengandung nilai-nilai dan budaya tradisional.

Melawan Nilai Barat

Kedutaan Besar PKC di Inggris mencoba menggunakan ancaman dan suap untuk mengganggu Shen Yun dan membuat teater lokal mengubah pikiran mereka. Mereka menekan teater-teater, dan membuat mereka tidak menyewakan tempat pada Shen Yun. Tidak peduli berapa banyak uang yang dimiliki PKC, dipercaya itu dapat mewakili ini, mewakili itu, tapi apa yang tidak dimengerti PKC adalah nilai-nilainya, cara berpikirnya bertentangan dengan nilai-nilai Barat dalam segala hal.

PKC berpikir bisa menggunakan uang untuk membuat orang Barat mengikuti rencananya. Namun, ketika orang Barat dihadapkan denagn keputusan antara uang dan prinsip, kebanyakan dari mereka akan memilih prinsip, bukan uang.

Jika beberapa orang, mungkin beberapa kepala teater, atau manajer teater, atau perusahaan, menyerah pada ancaman dan suap PKC, maka mereka segera akan menderita kritikan keras dari masyarakat umum di Inggris. Sangat mungkin perusahaan-perusahaan ini bisa menghadapi kebangkrutan. Mereka yang menyerah pada ancaman dan suap PKC akan segera didiskreditkan dan menjadi rusak, jadi saya tidak berpikir orang akan menyerah pada PKC, dan PKC tidak akan pernah berhasil. (EpochTimes/khl)

Zhang Pu, lahir di Chengdu, Provinsi Sichuan, adalah seorang penulis dan sekarang tinggal di London. Dia adalah saudara bagi Jung Chang, penulis buku “Wild Swans” dan “Mao: The Unknown Story,” yang ia terjemahkan ke dalam bahasa Mandarin. Dia telah menerbitkan novel, laporan, opini, dan esai politik. Novelnya “Dengan lembut, saya berjalan meninggalkannya” menerima pujian kritis.

http://www.erabaru.net/opini/65-opini/29868-mengapa-komunis-china-takut-shen-yun

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: