Bo Xilai Dipecat, Sensor Situs Epoch Times Dibuka


Tidak perlu memanjat dinding, Epoch Times dapat diakses langsung di China. (Screenshot dari Tencent Weibo menunjukkan apa yang terlihat di jaringan Internet China melalui para browsernya)

Laporan para Netizens di China yang Dapat Mengakses Secara Online Situs Epoch Times

Setelah pemecatan Bo Xilai sebagai kepala Partai pusat kota besar barat Chongqing, tindakan keras telah terjadi di daratan China: beberapa pejabat berada dalam penyelidikan korupsi, sits web Maois sedang ditutup, dan komentator Maois juga diberhentikan. Pada saat yang sama, pembukaan mengejutkan juga terjadi: situs web The Epoch Times sekarang dapat dibaca di Internet di China daratan.

Pada 17 Maret pada hari ketiga setelah Bo dipecat, jaringan Internet China Tencent Weibo (layanan microblog populer) berseru: “Tidak perlu memanjat dinding [menerobos sensor internet], untuk situs Epoch Times, di luar negeri dapat langsung diakses “Setelah pengujian, banyak netizen menemukan itu benar.

The Epoch Times situs web berbahasa Mandarin ini sangat populer di luar daratan China, mengumpulkan lebih dari satu juta hits per hari, tapi di China daratan telah menjadi target sensor.

Seorang netizen Provinsi Sichuan bernama Peng Yuanwen berseru: “Ya Tuhan! Ini luar biasa kita dengan mudah dapat mengakses langsung situs The Epoch Times. Saya ingin tahu apakah Presiden Fang juga menemukan ini. Ada lebih dari 110 juta orang telah mundur dari Partai.” Dalam situsnya, The Epoch Times terus melakukan penghitungan berapa banyak orang China telah memutuskan hubungan dengan Partai Komunis China (PKC) dan organisasi-organisasi afiliasinya.

Presiden Fang yang disebutkan oleh netizen tersebut adalah Fang Bin-Xing, presiden dari Universitas Pos dan Telekomunikasi Beijing. Karena ia membantu merancang Great Firewall untuk China, ia dikenal sebagai kaki tangan PKC dalam kebebasan berbicara dan telah menimbulkan permusuhan rakyat.

The Great Firewall, juga dikenal sebagai Golden Shield Project, memblokir situs-situs sensitif melalui penyaringan kata kunci, termasuk Dalai Lama, Falun Gong, dan Sembilan Komentar dan antara banyak yang lainnya.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Open Net Initiative, sebuah proyek kolaboratif dari Harvard University, Toronto University , dan Ottawa University, situs yang memuat “‘Sembilan Komentar’, ‘evaluasi sangat kritis terhadap Partai Komunis China yang diterbitkan oleh Epoch Times, hampir sama sekali tidak dapat diakses.”

The Epoch Times menganalisa beberapa orang di China yang mencoba untuk masuk ke situs Epoch Times. Beberapa mengatakan dapat mengakses, namun beberapa mengatakan telah diblokir. Sebuah pencarian dari Weibo untuk istilah “The Epoch Times” tidak diblokir.

Netizen “Green Tea” berkata, “Saya baru saja mencoba dan berhasil. Segera setelah saya mengklik ikon untuk mencoba untuk membuka situs [The Epoch Times], bisa “netizen lain bernama” World Clouds “mengatakan pada 18 Maret “Pemanjatan dinding mungkin sedah bisa dilakukan sejak semalam.”

Seorang netizen Provinsi Fujian bernama “A Happy Life dan Rich Life Everyday” berkomentar tentang adanya akses dari The Epoch Times online, “Kami telah menunggu selama 2.000 tahun! Haha, orang China hari ini beruntung! Kemudian lagi, saya masih percaya bahwa dalam sejarah terdapat mekanisme koreksi diri! Saya juga telah melihat masa depan yang cerah untuk China.” (EpochTimes/man)
http://erabaru.net/top-news/36-news1/29842-bo-xilai-dipecat-sensor-situs-epoch-times-dibuka

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: