Bo Xilai Akhirnya Ditahan

Bo Xilai pada 13 Maret di Beijing, China, dua hari sebelum ia digantikan sebagai Sekretaris Partai Komunis China Kotamadya Chongqing. Anggota Politbiro Zhang Dejiang akan menempati posisi tersebut. (Lintao Zhang/Getty Images)

The Foreign Reference News melaporkan bahwa istri Bo, Gu Kailai, telah dibawa pergi oleh Komisi Pusat Partai untuk Inspeksi Disiplin ‘untuk penyelidikan.’
Ketua partai Hu Jintao dikatakan secara pribadi telah menangani penangkapan Bo, mengirimkan perintah kepada Sekretariat dan Direktur Kantor Umum Komite Sentral PKC untuk memobilisasi pengawal Biro Garda Pusat menangkap Bo, menurut The Foreign Reference News.

Hu Jintao dan tangan kanannya, Wen Jiabao, mengetahui telah lama tidak puas dengan perilaku publik Bo dan inisiatif politiknya. Bo adalah mantan Menteri Perdagangan rezim komunis, Bo dikirim ke Chongqing setelah diketahui mendapat tuntutan hukum internasional yang diajukan oleh praktisi Falun Gong di berbagai negara. Bo bertanggungjawab atas penindasan Falun Gong di bawah perintah Jiang Zemin.

Tapi ketika ia sampai di Chongqing, bukannya semakin diam, namun Bo mencoba untuk menghidupkan kembali karir politiknya dengan kampanye jahat memobilisasi umum.

Menyamakan dirinya sebagai seperti tokoh Mao Zedong, Bo mengorganisir massa bernyanyi lagu-lagu revolusioner dan melakukan kampanye yang terkadang brutal terhadap individu yang diduga menjadi bagian dari ‘mafia.’ Para kritikus berpendapat ini hanya cara untuk menghilangkan musuh politik dan dalam memproses menyita aset mereka.

Nasib Bo mulai lemah ketika wakilnya, Wang Lijun, pada 6 Februari melakukan perjalanan diam-diam ke konsulat Amerika di Chengdu, sebuah kota yang ditempuh dengan empat jam dari Chongqing, dan berusaha untuk membelot. Orang-orang menganggap bahwa pemerintah pusat sedang menyelidiki Wang sebagai cara untuk menangkap Bo. Laporan selanjutnya dan rumor mengatakan bahwa Wang telah membocorkan rahasia Bo, termasuk rencana kudeta rumit yang akan bermunculan tahun depan pada kepemimpinan baru, dengan bantuan pendukung lain Jiang Zemin.

Dalam perkembangan terkait, koran Sankei Jepang dan Apple Daily Hong Kong melaporkan rumor bahwa Bo Xilai telah berada di bawah ‘shuanggui,’ yang secara harfiah berarti ‘penunjukan ganda’ (untuk diselidiki pada waktu dan tempat tertentu).

Shuanggui merupakan prosedur internal Partai untuk penahanan dan interogasi, seolah-olah digunakan untuk menangani kader korup atau kader yang telah ‘melanggar disiplin.’ Sebenarnya merupakan pelanggaran hukum, namun keberadaannya secara luas diakui dan telah digunakan oleh Partai sejak terjadinya pemberontakan gerilya.

The Apple Daily mengutip wartawan Phoenix Television, Deng Zuo di Beijing, yang menulis di halaman Weibo Sina bahwa ia mendengar laporan bahwa Bo berada di bawah shuanggui karena insiden Wang Lijun, dan keterlibatan korupsi istrinya Gu Kailai. (EpochTimes/man)
http://erabaru.net/top-news/36-news1/29842-bo-xilai-dipecat-sensor-situs-epoch-times-dibuka

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: