Anak Buah Bikin Salah, Pejabat China Dipecat

Renne R.A Kawilarang

Bo Xilai dipecat dari Sekretaris Partai Komunis China di Kota Chongqing (REUTERS/Jason Lee/Files)

VIVAnews – Pemimpin China hari ini memecat pejabat tinggi Partai Komunis di Kota Chongqing, Bo Xilai. Pemecatan ini muncul setelah kepala polisi Chongqing, yang menjadi orang kepercayaan Bo, ketahuan berupaya meminta suaka politik di kantor diplomatik AS Februari lalu.

Menurut kantor berita Reuters, pemecatan Bo sebagai Sekretaris Partai Komunis di Chongqing diumumkan oleh Xinhua, yang merupakan kantor berita pemerintah China. Posisi yang ditinggalkan Bo untuk sementara dijabat oleh Wakil Perdana Menteri China, Zhang Dejiang. Dengan demikian dia saat ini memegang dua posisi strategis.

Xinhua tidak menjelaskan apakah Bo juga kehilangan posisi sebagai anggota Politbiro Partai Komunis. Politbiro merupakan forum politik yang paling berkuasa di China setelah Komite Inti (Standing Committee) Partai Komunis China.

Bo sebenarnya termasuk salah satu kader Partai Komunis yang cemerlang, bahkan difavoritkan masuk dalam kelompok pemimpin masa depan China setelah era Presiden Hu Jintao dan para kameradnya.

Namun, reputasi politisi 62 tahun itu tercemar oleh ulah orang kepercayaannya, Wang Lijun. Kepala Polisi merangkap Wakil Walikota Chongqing itu bulan lalu berkunjung ke Konsulat AS di Kota Chengdu untuk minta suaka. AS menolak permohonan Wang dan dia akhirnya ditangkap pihak berwenang China.

Bagi China, insiden itu sangat memalukan. Sebagai pejabat yang berjasa membantu Wang menjadi pejabat tinggi Kota Chongqing, Bo Xilai pun kena getahnya.

Bo pun terus-menerus jadi sorotan media massa China, yang dikuasai pemerintah. Dia pun mulai dikucilkan saat dia tidak dilibatkan dalam pertemuan antara pejabat partai dan para wakil rakyat Chongqing di sela-sela Sidang Tahunan Parlemen China di Beijing pekan lalu.

Pengamat politik China, Chen Ziming, menilai kendati Bo nantinya masih bisa bertahan dalam Politbiro dan keanggotaan partai, bisa dibilang karir politiknya sudah di titik nadir. Apalagi Partai Komunis akhir tahun ini akan mengalami pergantian kepemimpinan.

“Kini perubahan dalam partai seperti yang diserukan oleh Perdana Menteri Wen Jiabao Rabu kemarin mencerminkan pandangan bersama bahwa Bo harus pergi,” kata Chen. “Ini akan berpengaruh pada politik kepemimpinan pada Kongres ke-18 Partai Komunis China, karena akan membuka ketidakpastian baru mengenai siapa yang akan masuk dalam jajaran pemimpin baru,” lanjut Chen. (eh)
http://dunia.vivanews.com/news/read/296422-anak-buah-bikin-salah–pejabat-china-dipecat

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: