Anggaran Militer China Dekati Rp1000 Triliun

Renne R.A Kawilarang

Pasukan Khusus AL China berlatih di atas kapal perang (Reuters/Xinhua/Cha Chunming)

VIVAnews – China tahun ini menambah anggaran pertahanan mereka sebesar 11,2 persen. Maka jumlahnya, untuk kali pertama, kini melampaui US$100 miliar atau setara dengan Rp908,4 triliun.

Anggaran baru itu diumumkan Beijing seperti dikutip stasiun berita BBC hari ini. China setiap tahun menambah anggaran untuk militer dalam dua dekade terakhir, seiring dengan pertumbuhan ekonominya yang berkembang pesat. Inilah yang membuat China memiliki anggaran militer terbanyak di dunia setelah AS, yang menyediakan dana sekitar US$740 miliar setiap tahun untuk pertahanan.

Tidak heran bila dalam beberapa tahun terakhir China mengembangkan kemampuan militernya dengan membangun alat utama sistem pertahanan berteknologi canggih. China terlihat sibuk membangun kapal induk, pesawat berteknologi siluman, dan rudal yang mampu menembak jatuh satelit di angkasa luar.

Selain itu, China terus membangun pangkalan baru kapal selam dan kapal perang. Beijing juga kian gencar membuat rudal-rudal balistik anti kapal musuh. Dikenal sebagai Pasukan Pembebasan Rakyat, angkatan bersenjata China kini diperkuat lebih dari dua juta orang. Maka, China punya jumlah personel militer terbanyak di dunia.

Pejabat parlemen China, Li Zhaoxing, saat mengumumkan anggaran baru menegaskan bahwa langkah ini jangan diartikan bahwa China akan bersifat agresif dan bisa menimbulkan ancaman bagi para tetangga, termasuk AS. Naiknya anggaran untuk militer ini, menurut Li, demi menjalankan kebijakan pertahanan China.

“China berkomitmen menciptakan perdamaian dan semata-mata menjalankan kebijakan pertahanan yang pada prinsipnya hanya untuk bertahan,” kata Li. “China punya 1,3 miliar rakyat, wilayah yang luas dan garis pantai yang panjang. Namun selama ini belanja pertahanan kami masih relatif rendah dibanding negara-negara besar lainnya,” lanjut Li.

Dia mengingatkan bahwa rasio anggaran pertahanan China dengan tingkat produk domestik brutonya masih jauh lebih rendah dari yang dimiliki AS atau Inggris. Namun, kalangan pengamat yakin bahwa anggaran belanja China sebenarnya dua kali lipat lebih besar dari yang mereka umumkan.
http://dunia.vivanews.com/news/read/293323-anggaran-militer-china-dekati-rp1000-triliun

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: