10 Pemimpin Bisnis China Yang Siap Menguasai Dunia


Acehtraffic.com – Mereka berpakaian gelap, naik mobil limusin hitam. Segelintir orang itu dikabarkan memiliki koneksi dengan ‘kalangan hitam’ bawah tanah di China. Meski mereka telah membawa ekonomi China tumbuh pesat, kelompok ini masih terselubung. Menurut laporan Brookings dan Sunday Times seperti ditulis dailymail.co.uk, kelompok ini tergabung dalam dinasti bisnis yang menguasai perusahaan besar selama beberapa dekade.

Kalangan yang biasa disebut ‘naga merah’ ini telah menjadi sekuat militer China, kepala daerah dan menteri negara. Mereka juga mengendalikan ekonomi China, di mana korupsi dan kepentingan tertentu bersembunyi di balik jubah rahasia.

Ketika ekonomi global terseok-seok karena bangkrut, para taipan China tak pernah berhenti ini mengincar perusahaan besar milik Barat. Negara yang mengendalikan hampir seluruh aspek kehidupan masyarakatnya tersebut telah memberi pukulan yang mengagetkan dunia.

Berikut ini 10 anggota elite ‘kerah hitam’ yang menguasai ekspansi besar China.

‘Penguasa langit’: Zhang Qingwei
Qingwei adalah mantan bos maskapai Commercial Aircraft Corporation of China (Comac). Di bawah kepemimpinannya, maskapai ini menjatuhkan dominasi Boeing dan Airbus dari langit China.

Negara komunis ini tidak mau bergantung pada perusahaan asing, dan telah berupaya menciptakan armada pesawat yang dapat merebut pangsa pasar penumpang pesawat.

Dengan pengaruh dan kekuasaannya, Qingwei telah dinobatkan sebagai pengusaha yang punya kemungkinan menang dalam kancah politik. Dia telah mulai menjalankan partai komunis dengan penunjukkannya sebagai gubernur provinsi.

Bos telepon: Wang Jianzhou
Siapapun yang punya telepon genggam di China pasti pernah memakai jasa telekomunikasi Jianzhou –China Mobile. Jaringan telepon selular ini adalah yang terbesar dan terkuat di dunia dengan sekitar 650 juta pelanggan.

Dengan ekspansi agresif ke seluruh dunia, China Mobile bahkan menyediakan jaringan untuk tempat-tempat tersulit dijangkai di bumi ini antara lain Gunung Everest.

Perusahaan ini memiliki 230.000 pekerja dan sahamnya diperdagangkan di bursa New York Stock Exchange dan Hong Kong Stock Exchange.

Meski China Mobile punya kekayaan dan kekuasaan luar biasa, perusahaan ini telah beberapa kali mendapat kritik karena tarifnya. Beberapa pihak mengatakan bahwa separuh dari laba perusahaan datang dari biaya untuk jasa yang gratis di banyak negara karena kompetisi dan pemerintah demokrasi melarang praktik itu.

‘Wanita listrik’: Li Xiaolin

Dengan sosok yang lembut, rambut pendek dan lipstik merah, Li Xiaolin terlihat seperti ibu rumah tangga China biasa. Namun Xiaolin adalah salah satu wanita paling berkuasa di China.

Xiaolin datang dari Keluarga Li, sebuah dinasti yang mengendalikan semua kepentingan pembangkit listrik, seperti ditulis laporan diplomatik AS.

Ayahnya yang beraliran keras tidak lagi menjabat sebagai bos China Power International Development, tetapi perusahaan itu terus dijalankan oleh Xiaolin dan saudaranya Xiaopeng, wakil Gubernur Provinsi Shanxi.

Kakak-beradik itu memiliki kekuatan dan pengaruh besar dalam industri kelistrikan China. Keduanya memiliki potensi untuk terus bersinar dalam rezim tersebut.

Kepala keamanan: Zhou Yongkang
Sebagai menteri keamanan untuk Politburo, Yongkang bertanggung jawab atas perlindungan negara–sebuah tugas besar yang hanya sedikit orang barat mengerti hal ini.

Meski Yongkang akan segera mengakhiri jabatannya, tetapi kekuatan dan pengaruhnya masih besar dan luas.

Yongkang pernah menjadi bos China National Petroleum Corporation, dan dikabarkan telah mengunjungi Sudan 14 kali dalam perjalanan dinas yang sepertinya berkaitan dengan produksi minyak.

Menurut sebuah laporan diplomatik yang dipublikasikan Wikileaks, Yongkang dan relasinya menguasai kepentingan minyak di China.

Ekspansi berkecepatan tinggi dalam ekonomi China bergantung pada pasokan minyak murah, dan hal itu sangat terkait dengan transaksi yang dilakukan Yongkang.

Bahan Kimia: Su Shulin
Pria Mandarin yang tergolong muda ini memulai kekuasaannya sebagai bos Sinopec (China Petroleum & Chemical Corporation Limited ), perusahaan papan atas di daftar Fortune Global 500. Perusahaan kimia itu dimiliki oleh Sinopec Group, sebuah badan usaha pemerintah China.

Perusahaan kimia ini memiliki bisnis yang berjalan mulus di penjuru China berkat dukungan partai komunis.

Namun, di mata internasional, Sinopec sering mendapat kritik karena masalah perusakan lingkungan. Profesor ilmu primata Christophe Boesch mengkritik penggunaan dinamit oleh Christophe BoeschSinopec di Gabon pada 2004.

Perusahaan kimia ini dicurigai menggiring gorila asli masuk jauh ke dalam hutan, di luar batas yang dilindungi oleh larangan berburu. Shulin sejak itu meninggalkan Sinopec dan memiliki reputasi baik di mata media China.

Dia baru saja ditunjuk sebagai gubernur provinsi dan dianggap sebagai ‘generasi keenam’ dari pemimpin nasional.

Buah hati penindas: Chen Yuan

Seorang bankir yang masih dianggap bau kencur terutama karena bayang-bayang nama besar sang ayah yang juga bernama Chen Yuan, salah satu tokoh kuat yang memerintahkan aksi penindasan terhadap demonstrasi yang berlangsung di lapangan Tiananmen pada 1989.

Aksi penindasan yang dilakukan terhadap demonstrasi mahasiswa itu menimbulkan protes global dan menyisakan catatan buruk bagi hak asasi manusia di China.

Warga menuntut reformasi ekonomi yang dilaksanakan untuk mengubah China menjadi ‘ekonomi pasar sosialis’, katalis untuk mengangkat negara itu menjadi sebuah kekuatan ekonomi.

Yuan senior dipuji atas perlakukan keras terhadap warga negara, sesuatu yang menunjukan bahwa China berbeda dengan nilai-nilai Barat.

Hal yang mengkhawatirkan, anaknya itu akan meraih kembali pengaruhnya ketika wakil Presiden Xi Jinping menggantikan Hu Jintao sebagai pemimpin negara.

Bos bankir besar: Xiao Gang

Xiao Gang merupakan salah satu pejabat muda yang meraih kekuasaan melalui lembaga-lembaga resmi China.

Saat ini, dia menjabat sebagai Presdir Bank of China Limited dan Bank of China (Hong Kong) Limited. Gang bahkan lebih kuat dari presiden bank itu sendiri, yang menunjukan seberapa kuat ambisi dan kekuatannya.

Gang juga mengendalikan beberapa investasi asing di bank tersebut. Filosofi bisnisnya berpusat pada kekuatan negara karena ia berasal dari Bank Rakyat China. Dia kemungkinan juga tidak akan membiarkan negaranya membuka diri bagi kompetisi dan pengawasan asing sebagaimana dikehendaki oleh beberapa kritikus.

Kebangkitannya dalam usia yang relatif muda menunjukan bahwa dia memang ditakdirkan untuk menjabat di salah satu posisi dambaan yang ada dalam sistem pemerintahan negara itu.

Didikan Oxford: Guo Shuqing
Guo Shuqing merupakan salah satu dari beberapa warga China yang mengenyam pendidikan di Inggris. Dia lulusan fakultas Marxisme-Lenninisme di Universitas Oxford.

Sekembalinya ke China, dia memulai karirnya di bank sentral sebelum menjabat sebagai gubernur provinsi dan kemudian meraih posisi penting di Badan Administrasi Valas Negara.

Dalam kariernya yang mencerminkan kebanyakan warga kelas atas Mandarin China lainnya, Shuqing diberikan jabatan pada bagian pemberi pinjaman komersial untuk mempertahankan pengaruh negaranya terhadap investor asing.

Saat ini, dia merupakan regulator keamanan nomor satu di China.

Tenaga penggerak: Zhu Yanfeng

Zhu Yanfeng memastikan kelanggengan popularitasnya di antara warga biasa China dengan mengeluarkan pernyataan bahwa setiap keluarga harus memiliki satu kendaraan roda empat.

Pernyataan tersebut tidaklah mengejutkan karena dia merupakan pemimpin salah satu perusahaan fabrikan mobil tertua di China, First Automobile Works. Cucu dari meteorologi terkenal Chu Coching itu memulai kariernya pada bidang teknik mesin.

Saat ini, dia menjabat sebagai Presiden China FAW Group Corporation. Ia juga ditunjuk untuk menduduki jabatan sebagai wakil gubernur provinsi, pertanda bahwa ia disiapkan untuk posisi penting dalam rezim tersebut.

Ekspansi ekonomi China didorong oleh kondisi transportasi yang lebih baik. Sebagian besar berkat upaya Yanfen dalam meraih keuntungan.

Pedagang senjata: Zhang Guoqing

Zhang Guoqing merupakan salah satu jagoan perang China. Dia menghabiskan kariernya di BUMN pembuat senjata, China North Industries Corporation (Norinco), dan sempat mengenyam pendidikan di Harvard.

Saat ini, dia adalah tokoh terkuat dalam industri persenjataan militer China yang memasok persenjataan ke seluruh dunia.

Kontroversi pernah membayangi Norinco, ketika suplai persenjataan dari BUMN China tersebut diblokir pada masa pemerintahan Bill Clinton pada 1993, menyusul adanya kekhawatiran persenjataan tersebut digunakan oleh pelaku kriminal di dalam kota. CIA kemudian mengadakan penyelidikan terhadap karyawan perusahaan itu pada 1994.

Pada Augustus 2003, Pemerintahan Bush menjatuhkan sangsi kepada Norinco atas dugaan penjualan misil ke Iran.

Selain itu, terdapat juga kontroversi mengenai sistem pengiriman ke Pakistan dan keterkaitannya dengan penjualan senjata kepada Kolonel Gaddafi di Libya. (*) | BISNIS
http://www.acehtraffic.com/2012/02/10-pemimpin-bisnis-china-yang-siap.html

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: