China Rusuh, 6 Mobil Polisi Dibakar


Gambar-gambar di internet memperlihatkan warga berpawai keliling kampung dengan spanduk bertuliskan ‘Kembalikan tanah pertanian nenek moyangku.

Laporan menyebutkan ribuan orang terlibat dalam unjuk rasa di kampung Wukan, Lufeng, povinsi Guangdong, mengakibatkan beberapa polisi luka dan sejumlah gedung pemerintah rusak.

Pihak berwenang mengatakan kerusuhan yang berlangsung selama dua hari itu karena unjuk rasa atas penjualan tanah. Mereka antara lain merusak kantor partai komunis, kantor polisi dan sebuah kawasan industri.

Para pengunjuk rasa marah karena menganggap pejabat partai setempat menjual tanah pertanian mereka ke pihak pengembang, seperti dilaporkan wartawan BBC Michael Bristow dari Beijing.

Gambar-gambar di internet memperlihatkan warga berpawai keliling kampung dengan spanduk bertuliskan ‘Kembalikan tanah pertanian nenek moyangku.’

Pemerintah lokal mengatakan 12 aparat polisi terluka, dan 6 mobil polisi dibakar. Harian South China Morning Post melaporkan sejumlah pengunjuk rasa juga terluka.

Belakangan kerusuhan dan unjuk rasa merupakan hal yang sering terjadi di China dan bisa mencapai sampai ratusan insiden setiap pekannya.

Umumnya unjuk rasa menyangkut soal konflik tanah: penduduk marah karena pejabat setempat menjual tanah pertanian kepada para pengembang, sementara para petani tidak mendapat ganti rugi yang memadai.

Awal tahun ini, dalam pidato pembukaan Kongres Rakyat Nasional China, Perdana Menteri Wen Jiabao memperingatkan untuk menjamin stabilitas sosial maka harus ditempuh penanganan korupsi dan ketimpangan ekonomi. (Erabaru/BBC/sum)
(Sumber: Erabaru.net, Sabtu, 24 September 2011)

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: