Saudara Gao Zhisheng Angkat Bicara

Ditulis oleh Lien Amy & Jeanmarie Lunsford

Gao Zhisheng pengacara HAM China terkenal tahun 2005, sebelum penderitaan buruknya dimulai. (AFP / Getty Images)

Pengacara HAM China Gao Zhisheng yang menghilang 15 bulan lalu, setelah penangguhan hukuman singkat April lalu. Pada saat itu Gao diizinkan oleh rezim komunis untuk bertemu dengan wartawan dan menceritakan bagian dari kisahnya, tapi sejak itu belum ada pengumuman resmi pada kasusnya dan keluarganya menjadi semakin kesal dan frustrasi.

Gao Zhiyi, kakak Gao,  berada di garis depan dalam upaya untuk menemukan keberadaan adiknya. Dia menceritakan ketidakberdayaannya menemui jalan buntu berulang kali kepada sebuah LSM, Chinese Human Rights Defenders (CHRD) pada 9 Juli.

“Saya tidak mendapatkan informasi tentang keberadaan dia” setelah bertanya selama 15 bulan, kata Gao Zhiyi.

“Rezim komunis tidak bisa hanya melakukan apa yang dia suka. Jika Gao telah melanggar hukum maka dia bisa dipenjara, tapi mereka harus memberitahu keluarganya di mana ia selama 15 bulan.”

Gao Zhiyi mengatakan ia telah membuat banyak panggilan telepon. “Saya menelepon seorang  direktur di Beijing yang bertanggung jawab atas pemantauan Gao Zhisheng. Dia selalu mengklaim bahwa dia tahu di mana saudara saya, tapi kadang-kadang dia berkata Gao mungkin  telah ‘tersesat jalan.’ Saya berniat untuk pergi ke Beijing selama dua pertemuan tahunan dari partai komunis. Direktur itu mengatakan ia akan memberitahu saya tentang keberadaan Gao Zhisheng ketika dua pertemuan berakhir. Pada akhir dari dua pertemuan saya menghubunginya lagi  dan ia mengatakan tidak tahu keberadaan Gao.

“Gao Zhisheng akan menjalani hukuman penuh di luar penjara 14 Agustus mendatang. Jika ia tidak dibebaskan, saya akan membuat mereka memperhitungkan kembali menghilangnya Gao bahkan dengan taruhan nyawa saya,” kata Gao Zhiyi.

Gao Zhiyi, hampir berusia 60 tahun, mengatakan bahwa ia membesarkan Gao Zhisheng setelah keduanya menjadi yatim ketika muda; kasih sayang dua bersaudara  seperti  ayah dan anak, katanya. Setelah adiknya hilang lagi, Gao Zhiyi menderita insomnia dan tidak mampu untuk fokus pada rutinitas sehari-hari. Seluruh keluarga telah berada di jurang, ia mengatakan kepada CHRD.

Gao Zhisheng, sebagai pengacara HAM ia ringan tangan membantu banyak orang yang  menerima pelanggaran HAM oleh rezim komunis China, dan banyak membantu membela hak-hak dasar mereka. Awalnya partai komunis memuji Gao atas usahanya.

Tapi rezim komunis mengejarnya ketika ia mulai menyuarakan dukungan untuk praktisi Falun Gong yang teraniaya, yang ia selidiki dalam beberapa perjalanan. Dukungan vokalnya bagi Falun Gong melalui surat terbuka kepada pemimpin tertinggi partai komunis membuatnya menjadi sasaran pasukan keamanan.

Dia dijadikan target pengawasan, diculik, dan kemudian menghilang. Sementara di tahanan ekstralegal ia disiksa, termasuk kemaluannya diserang dengan benda tajam dan matanya dibakar dengan rokok.

Gao terakhir terlihat pada April 2010, ketika ia bertemu dengan keluarga dan beberapa anggota pers di Beijing. Dalam sebuah wawancara pada waktu itu dia menjelaskan bagaimana dia telah disiksa, dalam sebuah laporan yang diterbitkan Associated Press awal tahun ini setelah tidak menerima berita tentang keadaan Gao.

Pada 10 April 2010, Gao diculik lagi dan sejak itu keluarganya belum bisa menghubungi dia lagi. (EpochTimes/man)

(Sumber: Erabaru.net, Rabu, 13 Juli 2011)

http://www.erabaru.net/top-news/36-news1/27157-saudara-gao-zhisheng-angkat-bicara

 

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: