Jiang Zemin Sedang Sekarat

Oleh Matthew Robertson

Jiang Zemin (3 dari kiri), mantan pemimpin tertinggi Partai Komunis China (PKC), diapit oleh para pemimpin rezim dan istri-istri mereka, pada pembukaan Olimpiade Beijing tahun 2008. Jiang dikatakan dirawat di rumah sakit dan mendekati kematian, meskipun rumor yang sama telah beredar tahun lalu. (Liu Jin/AFP/Getty Images)

Jiang Zemin, mantan pemimpin tertinggi Partai Komunis China (PKC), di rumah sakit dan mendekati kematian, menurut sebuah komentar microblog terakhir dan rumor online.

Jiang gagal muncul di ulang tahun ke-90 partai baru-baru ini dan para pengguna internet mengatakan itu karena ia sekarat di rumah sakit.

Serangkaian artikel dan pernyataan telah menyinggung kasus ini tapi semuanya belum dikonfirmasi. Komentar para pengguna internet di Sina Weibo, versi Twitter China yang disensor dihapus.

Boxun, situs web para aktivis memimpin dalam pemberitaan untuk berita yang belum dikonfirmasi ini.

Sebuah laporan Boxun pada 4 Juni mengatakan bahwa iring-iringan tiba di Rumah Sakit Militer 301 di Beijing – yang disediakan bagi para pucuk pemimpin Partai dan para pejabat militer pada 3 Juni sore, dan  jalan-jalan di sekitar gedung ditutup. Sebuah video diam-diam diambil di luar  menunjukkan deretan mobil Audi dan petugas militer yang bertugas di sekitar kompleks, menunjukkan bahwa, menurut Boxun, “ada sosok pejabat tinggi sedang sekarat.”

Sebuah artikel, pada 5 Juli, mengatakan bahwa seorang jurnalis Boxun menerima kabar dari Beijing bahwa Jiang mengalami serangan jantung hebat sekitar sebulan lalu. Saat ini ia membutuhkan perangkat pernapasan mekanik untuk membuatnya tetap hidup, katanya.

Sebuah artikel lanjutan, bagaimanapun, mengatakan mungkin ada kesalahan lokasi. Menurut “sumber yang relatif lebih dapat diandalkan,” Jiang sebenarnya berada di sebuah rumah sakit di Shanghai, menderita kanker hati, dan hatinya telah kehilangan fungsi tetapi otaknya dibiarkan  hidup.

Berita itu juga disebutkan oleh Radio France International (RFI), yang dikutip Phoenix, jaringan media yang dekat hubungannya dengan PKC, mengatakan bahwa Jiang menderita “penyakit berbahaya,” menurut RFI. Beritanya diperoleh dari “seorang pejabat tingkat tinggi PKC. “. Namun, Epoch Times tidak dapat menemukan laporan Phoenix yang asli. Jika ada, tampaknya telah dihapus dari situs internet.

Rumor serupa muncul pada bulan Juni tahun lalu, tapi Jiang tidak meninggal. (EpochTimes/man)

(Sumber: Erabaru.net, Rabu, 06 Juli 2011)

http://www.erabaru.net/top-news/36-news1/27082–jiang-zemin-sedang-sekarat

 

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: