Calon Pemimpin Komunis China Tekankan Marxisme

Oleh Matthew Robertson

Xi Jinping

Kader yang dicanangkan untuk menjadi pemimpin berikutnya dari Partai Komunis China (PKC), Xi Jinping, memberikan pidato khusus tentang Marxisme kepada calon perwira dari Sekolah Pusat Partai pada 13 Mei lalu. Sekolah ini adalah lembaga pelatihan tertinggi untuk para pejabat PKC, dan Xi adalah presidennya.

Dalam pidatonya ia berbicara tentang pentingnya menyelami idiologi komunis. “Kader terkemuka kita harus … mempertahankan cita-cita dan kepercayaan yang teguh” katanya.

“Anda tidak bisa melakukannya tanpa bimbingan filsafat Marxisme,” ia menambahkan,  tokoh-tokoh dari pentolan komunis, termasuk Engels, Lenin, dan Mao. Chinascope, sebuah organisasi yang memantau pidato partai komunis, memberikan terjemahan memihak.

Pernyataan  terbuka seperti ini, berarti  Xi  menyelaraskan diri dengan faksi konservatif di partai, yang mendukung dominasi mutlak PKC di masyarakat, berbeda dengan yang disebut “reformis” seperti Wen Jiabao, yang secara terbuka mendukung media, hukum dan liberalisasi politik. (EpochTimes/man)

(Sumber: Erabaru.net, Jumat, 20 May 2011)

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: