Apple Selidiki Ledakan Pabrik iPad di China

Oleh Andrews Amanda

Apple akan menghadapi tekanan untuk meninjau keberadaannya di China setelah dua orang tewas dalam ledakan di pabrik yang memproduksi iPad generasi 2. Foxconn, dikenal sebagai pemasok Apple iPhone dan iPad, telah mendapat tekanan dalam 18 bulan terakhir, setelah lebih dari 13 pekerja pabrik bunuh diri.

Kritikus mengatakan karyawan perusahaan dipekerjakan dalam kondisi kerja keras, berjam-jam dengan bayaran yang rendah. “Kami bekerja sama dengan Foxconn saat ini untuk memahami apa yang menyebabkan kejadian mengerikan ini,” kata Steve Dowling, juru bicara Apple yang berbasis di California. “Kami sangat sedih dengan tragedi itu.”

Ledakan itu diyakini telah menghantam pabrik pemoles yang melakukan perakitan akhir. Perwakilan Foxconn telah memastikan dua orang tewas dan 16 luka-luka dari kejadian itu, dan tiga orang dilaporkan cedera serius. Pabrik 2 miliar dolar AS yang memproduksi laptop di mana ledakan terjadi dibuka pada bulan Oktober.

Menurut laporan dari China, kesimpulan awal polisi di Chengdu mengatakan bahwa ledakan itu tidak disebabkan oleh kesengajaan. Foxconn adalah pembuat komponen komputer terbesar di dunia dan membuat barang-barang untuk Apple, Dell, Hewlett-Packard, Sony dan Nokia.

Perusahaan ini mempekerjakan sekitar 1 juta orang di China, sekitar setengah dari mereka berbasis di fasilitas utama di kota selatan Shenzhen. Foxconn telah memperluas lapangan kerja di bagian lain di China karena berusaha untuk meninjau kembali ukuran pabriknya di Shenzhen. (AFP/man)

(Sumber: Erabaru.net, Selasa, 24 May 2011)

http://www.erabaru.net/china/44-china-update/26479–apple-selidiki-ledakan-pabrik-ipad-di-china

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: