Pengacara HAM China Menghilang

Oleh Malcolm Moore

Li Xuemei (tengah) istri dari Zhao Lianhai, meninggalkan pengadilan dengan pengacaranya Li Fangping (kiri) and Peng Jian (kanan) setelah sidang suaminya di Beijing, Selasa, 30 Maret, 2010. Zhao Lianhai, yang mengorganisir para orang tua yang anak-anak mereka keracunan dalam skandal terbesar keselamatan makanan China, mengajukan gugatan tak bersalah atas tuduhan menyulut kekacauan social, kata pengacaranya.(AP Photo/Andy Wong)

Li Fangping (36) mengatakan kepada istrinya melalui telepon pada Jumat (29/4) sore: “Ada agen keamanan negara dibawah dan mereka akan membawaku pergi saya akan pergi untuk beberapa waktu, makan malam sendiri..ya”

Dia tidak pernah terlihat dan terdengar kabarnya sejak “dihilangkan ” oleh otoritas China. Bulan lalu, Ai Weiwei, artis internasional yang terkenal, juga menghilang dan belum muncul sampai saat ini.

Li menangani beberapa kasus yang paling diperdebatkan di China. Dia menasehati para orang tua yang anak-anak mereka keracunan susu beracun pada tahun 2008 dan merupakan wakil salah satu dari mereka, Zhao Lianhai, yang diadili setelah dia membuat sebuah situs web untuk mempublikasikan bahaya susu bermelamin.

Li juga menentang sensor internet China dan dipukuli oleh preman di tahun 2006 ketika mencoba mewakili Chen Guangcheng, seorang rekan pengacara yang dipenjara setelah ia mengungkapkan serangkaian aborsi paksa brutal yang dilakukan oleh pihak berwenang di provinsi Shandong.

Sesaat sebelum Li menghilang, rezim komunis China melepas temannya yang sesama  pengacara hak asasi, Teng Biao, yang  diam-diam ditahan selama dua bulan. Kasus Teng telah didesak  oleh Michael Posner, diplomat Amerika Serikat, selama KTT tentang hak asasi manusia di Beijing minggu lalu.

“Laporan hilangnya Li Fangping pengacara hak asasi manusia terkenal, pada hari yang sama  Teng Biao dilepas menunjukkan bahwa pasukan keamanan sedang melakukan serangan terencana pada pembela vokal hak asasi manusia,” kata Phelim Kine, peneliti Asia untuk Human Rights Watch, sebuah kelompok advokasi berbasis di New York.

Li sebelumnya tidak pernah ditahan secara diam-diam, kata istrinya. “Itu sebabnya saya khawatir akan ketidakjelasannya,” katanya. “Ada kekhawatiran bahwa dia benar-benar dibawa pergi oleh para kriminal yang membalas dendam atas kasus-kasus pembelaan yang ditanganinya.” (Telegraph/man)

(Sumber: Erabaru.net, Rabu, 04 May 2011)

http://www.erabaru.net/china/44-china-update/25865-pengacara-ham-china-menghilang

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: