Impor Barang China Terus Naik

JAKARTA — Volume impor barang dari China terus meningkat sejak perjanjian perdagangan bebas dengan China diberlakukan awal tahun lalu. Tapi, pada saat bersamaan, produksi di sektor industri justru menurun.

Menurut Direktur Jenderal Kerja Sama Internasional Agus Tjahjana, penurunan produksi terjadi karena barang yang diproduksi kalah bersaing dengan produk China. “Daya saing kita kalah karena mahalnya bahan baku,” katanya. Kesimpulan ini didapat dari survei 228 pos tarif yang termasuk kategori industri sensitif.

Survei juga menunjukkan bahwa perjanjian perdagangan bebas ASEAN-China memiliki korelasi kuat dengan penurunan produksi industri dalam negeri, penurunan penjualan, keuntungan, dan pengurangan tenaga kerja. Industri yang tidak terpengaruh hanya logam.

Produk China diminati karena harganya lebih murah, lebih variatif, dan desain lebih menarik. Keuntungan penjual produk China rata-rata naik 20 persen. Impor produk dari China tahun lalu naik 33 persen dibanding 2009. Sedangkan ekspor Indonesia ke China hanya 8,21 persen dibanding total ekspor.

Menurut laporan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, nilai impor Indonesia dari China tahun lalu US$ 20,424 miliar atau naik 45,86 persen dibanding tahun sebelumnya. Tapi Kementerian Perdagangan mencatat ekspor Indonesia ke China tahun lalu hanya US$ 15,692 juta. KARTIKA CANDRA | EKO ARI WIBOWO

(Sumber: Koran Tempo, Edisi 25 Maret 2011)

http://www.korantempo.com/korantempo/koran/2011/03/25/Ekonomi_dan_Bisnis/krn.20110325.230869.id.html

 

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: