Demonstrasi Jasmine di China Semakin Gencar

Demonstrasi “jasmine” di China (Foto: Reuters)

BEIJING Seminggu setelah panggilan untuk melakukan unjuk rasa besar-besaran di China berakhir gagal, kini para organisator unjuk rasa kembali menggalang pengunjuk rasa untuk menggelar protes yang dinamai demonstrasi “jasmine” pada hari ini.

Upaya untuk menggelar protes pada 20 Februari pekan lalu berakhir gagal karena jumlah pengunjuk rasa yang hadir untuk berdemo kalah banyak dengan polisi dan peninjau.

Dilansir dari CNN, Minggu (27/2/2011), pada Jumat 25 Februari, muncul ajakan di situs jejaring sosial Facebook untuk bergabung di lokasi-lokasi pusat di masing-masing kota besar di China dan berjalan bersama pada Minggu ini.

Bersamaan dengan Facebook, situs jejaring sosial lainnya seperti Twitter dan YouTube juga diblokir. Hal ini membuat panggilan untuk melakukan aksi protes di situs jejaring sosial tersebut hanya bisa diakses oleh mereka yang berada di luar daratan China atau bagi mereka yang memiliki akses jaringan internet dengan alamat IP asing.

Kali ini, para organisator unjuk rasa menutupi aksi ini dengan memberinya nama “liang hui”, suatu istilah dalam bahasa Mandarin yang biasa dipakai untuk pertemuan pemimpin politik China yang diadakan setiap bulan Maret.

Istilah yang secara cerdik dipilih sebagai upaya untuk menipu penyensoran yang dilakukan pada situs jejaring sosial. Istilah tersebut juga dipilih karena akan segera dilakukan pertemuan yang diselenggarakan Kongres Nasional Rakyat dan Konferensi Konsultatif Politik Rakyat China.

Kata-kata seperti “jasmine” dalam bahasa China dan “Wangfujing”, kawasan belanja di Beijing yang dijadikan tempat dimulainya demonstrasi hari Minggu, tidak bisa dicari dalam situs mikrobloging terkenal di China, Sina Weibo, pada Jumat 25 Februari.

Untuk aksi hari Minggu, para organisator unjuk rasa telah memberikan rincian pada laman Facebook yang mendorong para pengunjuk rasa agar melakukan aksi secara damai. Jika ada perlakuan buruk selama aksi berlangsung, situs tersebut meminta setiap orang untuk setoleran mungkin dan menunjukan sifat orang China yang bermartabat tinggi dalam mengejar cita-cita demokrasi dan kebebasan.
(rhs)

(Sumber:  Adinda Permatasari, Okezone.com, Minggu, 27 Februari 2011)
http://international.okezone.com/read/2011/02/27/411/429373/demonstrasi-jasmine-di-china-semakin-gencar
Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: