Ajakan Revolusi Melati di China Sangat Mungkin Jebakan

Oleh: Quincy Yu, staff Epoch Times

Pergolakan politik yang terjadi di Timur Tengah dalam beberapa minggu terakhir ini telah memunculkan spekulasi akab bangkitnya rakyat China dalam “Revolusi Melati”. Ajakan untuk melakukan aksi protes semacam itu muncul di Internet China, tetapi sejumlah kalangan meragukan ajakan tersebut adalah tipuan yang dilakukan oleh Partai Komunis China (PKC).

Pada 17 Februari lalu, seorang anonim posted di Twitter mengklaim bahwa undangan pertama untuk “Revolusi Melati” di China telah ditentukan. Pada 19 Februari, status  lain berjudul “Revolusi Melati akan dilakukan serentak di kota-kota besar” muncul di situs berita Boxun, yang berbasis di luar Cina.

Di situs Boxun disebutkan bahwa undangan berkumpulditentukan pukul 2 siang pada 20 Februari di 13 kota di China termasuk Beijing. Kota-kota lain adalah untuk berkumpul di alun-alun pusat kota.

Pada 20 Februari, sejumlah besar polisi, polisi berpakaian preman, dan para wartawan dari media pemerintah muncul di Wangfujing di Beijing, salah satu lokasi protes diposting online. Polisi menangkap banyak orang. Sejumlah besar aktivis juga telah ditangkap sebelumnya.

Shi Zangshan, pakar China yang berbasis di Washington DC mengatakan bahwa PKC telah mengatur untuk liputan media untuk menunjukkan penindasan dari kampanye Revolusi gaya Jasmine. Motifnya, menurut Shi, adalah untuk menciptakan ilusi bahwa PKC memiliki kemampuan yang besar untuk mengendalikan aksi protes.

Beberapa liputan media, selain melaporkan penindasan massa, menyatakan bahwa praktisi Falun Gong, antara lain mulai beraksi.

Pada 21 Februari, Taiwan Apple Daily menerbitkan sebuah artikel berjudul “Jasmine Revolution Breaks Out in 13 Chinese Cities” yang menyatakan bahwa inisiatornya termasuk Falun Gong. World Journal, sebuah surat kabar China yang diterbitkan di Amerika Serikat, juga melaporkan bahwa pergerakan ini didorong oleh Wang Dan, yang mantan aktivis gerakan pro demokrasi Tiananmen Square yang sekarang menetap di Amerika Serikat, dan dengan apa yang disebut “organisasi spiritual Falun Gong.”

Yang Sen, Presiden Asosiasi Falun Dafa Midwest AS, mengomentari laporan media bahwa praktisi Falun Gong yang bertanggung jawab. “Kami adalah orang-orang yang mengkultivasi diri sesuai dengan prinsip-prinsip sejati, baik, sabar,” kata Yang. “Kami tidak terlibat dalam politik … Kami tidak memiliki sikap dalam hal ini. Perkembangan dari isu ini adalah aneh. Pendapat pribadi saya adalah bahwa kemungkinan besar itu diprakarsai oleh Partai Komunis China, dengan tujuan siapa pun yang menentang akan dianggap ancaman.”

“Saya juga mempertanyakan sumber berita dan profesionalisme beberapa media,” tambah Yang.

Sebuah artikel yang diterbitkan oleh Aboluowang, sebuah situs berbahasa China yang berbasis di luar China, menganalisi dan menyimpulkan bahwa iJasmine Revolusi sangat mungkin merupakan jebakan. PKC yang ingin menggunakan panggilan aksi palsu untuk menangkap orang China yang berani. Hal ini akan membantu mencegah protes dari yang dilakukan di masa depan dan menakut-nakuti orang-orang menjauh dari kerumunan massa.

Shi mengatakan bahwa tren gerakan anti-otoritaranisme di Timur Tengah telah membuat  PKC sangat ketakutan, dikuatirkan akan terjadinya efek domino dari hancurnya  kediktatoran merembet ke China. Ia percaya bahwa media pro-PKC telah melaporkan adanya protes yang digagalkan sedemikian rupa untuk menimbulkan ketakutan dalam pikiran rakyatnya.

(Sumber: The Epoch Times.com, 22 Februari 2011)

http://www.theepochtimes.com/n2/china/aborted-chinese-jasmine-revolution-a-trap-say-analysts-51732.html

 

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: