SOH Perluas Siaran ke China

Oleh: Shanshan Wu/ The Epoch Times

Sementara BBC membatalkan siaran Mandarinnya di bulan April 2011 dan Voice of America (VOA) membatalkan siaran Mandarin dan Kantonnya pada bulan Oktober 2011, Jaringan Radio Sound of Hope (SOH) mengumumkan bahwa mereka akan memperluas siaran gelombang pendek ke China untuk memenuhi tuntutan pendengar China.

Berbasis di San Francisco, California SOH telah disiarkan ke daratan China selama dua jam setiap hari sejak tahun 2004. Siaran SOH telah meningkat setiap tahun dalam enam tahun operasinya, dengan penambahan 4,5 jam akhir-akhir ini menjadikan siaran gelombang pendek rata-rata harian sampai 20 jam.

Presiden SOH Allen Zeng menunjukkan bahwa SOH telah lama ingin memperluas siaran gelombang pendek tersebut. Namun, “Jika BBC dan Voice of America membatalkan siaran Mandarin mereka ke China, kita akan kehilangan dua sahabat penting. Pendengar China kami mungkin merasa dikecewakan oleh hilangnya kebebasan informasi. Oleh karena itu, saya merasa bahwa kami sekarang memikul tanggung jawab yang lebih besar.”

Menurut statistik baru-baru ini dari Pusat Informasi Jaringan Internet China, China memiliki 450 juta pengguna internet dan 730 juta orang dewasa bukan-pengguna Internet. Dari 450 juta pengguna internet, 60 persen berada di bawah usia 30 tahun, kebanyakan anak muda atau penduduk kota. Sebagian besar penduduk lainnya, yang terdiri dari warga negara berusia di atas 50 tahun, penduduk wilayah pedesaan atau perkotaan kecil dan menengah, dan penduduk berpindah-pindah hingga 230 juta orang, termasuk pekerja migran, baik tidak memiliki akses ke Internet atau tidak tahu cara menggunakan Internet; mereka adalah pendengar ideal untuk siaran gelombang pendek.

Menurut statistik partai komunis China, ada total 500 juta radio di rumah tangga di China dan banyak yang dapat menerima radio gelombang pendek atau menengah. Siaran gelombang pendek asing telah lama menjadi sumber informasi yang dapat dipercaya bagi orang-orang China, dan satu-satunya cara mereka menerima informasi yang benar selama penindasan 4 Juni gerakan demokrasi pada tahun 1989. Karena luasnya penggunaan Radio Nasional China lebih dari 80 frekuensi gelombang pendek untuk mencakup seluruh bangsa. (EpochTimes/dia)

(Sumber: Erabaru.net, Rabu, 23 Februari 2011)

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: