Buruh China Keracunan Produk Apple

REUTERS/Aly Song/sa

PARA buruh pabrik pembuatan produk layar sentuh di China, yang dikontrak perusahaan Apple, mengeluhkan kesehatan mereka karena keracunan bahan-bahan kimia. Keluhan ini disampTambahkan Sebuah Gambaraikan resmi dalam sebuah surat yang ditujukan kepada Direktur Utama Apple Steve Jobs, Selasa (22/2).

Mereka terkena bahan kimia bernama hexyl hybride, yang juga disebut n-hexane. Bahan ini sebelumnya digunakan Wintek, sebuah perusahaan Taiwan yang memiliki pabrik di kompleks industri Suzhou, China timur, tempat mereka bekerja. Namun, n-hexane yang digunakan mulai Mei 2008 itu dihentikan pada Agustus 2009 setelah ternyata menyebabkan para pekerja sakit.

“(Bahan kimia) ini adalah pembunuh, pembunuh yang tidak terlihat,” demikian isi salinan surat berbahasa China, yang diterima Reuters, untuk Dirut Apple Steve Jobs. Versi bahasa Inggrisnya langsung dikirim ke Apple di AS.

Penggunaan n-hexane ini, menurut Wintek, dikarenakan lebih cepat menguap dari alkohol, untuk mempercepat produksi layar sentuh, seperti iPad, iPhone, dan produk layar sentuh lainnya. Namun, sejak kejadian itu, mereka kembali menggunakan alkohol.

“Saat hexyl hybride dipakai, keuntungan (finansial) Apple dan Wintek meroket hingga 10 juta per bulan, yang menguras kehidupan dan kesehatan kami,” jelas surat bertanda tangan 5 buruh,  yang mengklaim mewakili para pekerja.

Meski demikian, Apple menolak berkomentar mengenai surat para pekerja itu. Sebelumnya, perusahaan yang mengumumkan lonjakan keuntungan pada Januari lalu dikritik atas kondisi memprihatinkan para buruh pabrik pemasok produk Apple di China. (Rtr/OL-11)

(Sumber: Media Indonesia, Rabu, 23 Februari 2011)

 

 

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: