China siap lumat gerakan massa

JAKARTA: Negeri Tirai Bambu China memastikan siap melumat gerakan massa pro demokrasi dengan dalih apapun.  Taring dan cakar negara kapitalis-komunis itu bersiap dengan arus massa tersebut.

Seperti dikutip dari The Strait Times bayang-bayang keberhasilan revolusi mendongkel para tiran di Timur Tengah setelah sebuah gerakan maya yang menyebut diri Revolusi Melati sejak kemarin menggelisahkan pemerintah China.

Pihak berwenang telah menahan aktivis, meningkatkan jumlah polisi di jalanan, memutus beberapa teks dalam layanan pesan singkat pada telepon genggam, sensor internet hingga panggilan telepon pada pukul 14.00 di Beijing, Shanghai dan 11 kota besar lainnya.

Hasilnya kampanye Revolusi Melati tidak mendapatkan banyak daya tarik di antara warga biasa dan peluang menggulingkan pemerintah komunis sangat tipis, mengingat kontrol ketat Beijing atas media dan Internet.

Masyarakat masih jeri mengingat nasib gerakan, mahasiswa yang dipimpin pro-demokrasi pada 1989 dihancurkan oleh militer dan ratusan, mungkin ribuan, tewas.

Kemarin polisi menciduk setidaknya tiga orang aktivis di Beijing, salah satu dari mereka mencoba untuk meletakkan bunga melati putih sementara ratusan orang digiring karena mencoba menuju tempat protes, di luar McDonald’s di jalan perbelanjaan tersibuk di ibukota.

Sementara di Shanghai, polisi mencokok tiga orang di dekat tempat protes yang direncanakan setelah mereka berjibaku saling dorong dan jotos untuk merebut perhatian orang yang lewat.

Banyak aktivis mengatakan bahwa mereka tidak tahu siapa yang berada di balik kampanye yang berbasis di laman Boxun.com berita berbahasa China yang bermarkas di Amerika Serikat.

Para aktivis tidak yakin apa yang membuat panggilan untuk protes itu muncul pertama kali beredar pada Sabtu lalu.

Kampanye bertajuk Revolusi Melati itu mendesak masyarakat untuk mengambil tanggung jawab untuk masa depan.” Peserta didesak untuk berteriak, “Kami ingin makanan, kami ingin bekerja, kami ingin perumahan, kami ingin keadilan ‘- sebuah slogan yang menyoroti keluhan umum di kalangan China.

(Sumber: Algooth Putranto, bisnis.com, 21 February 2011)

http://www.bisnis.com/umum/internasional/13150-china-siap-lumat-gerakan-massa

 

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: