100 Juta Rakyat China Mundur dari Komunis

Oleh: Helena Zhu

Peserta pawai di Washington, DC pada Juli merayakan 100 juta pengunduran diri dari Partai Komunis China dan organisasi afiliasinya. (Edward Dai/The Epoch Times)

Sebuah tonggak telah dicapai di China, tetapi tidak semacam perayaan  Partai Komunis China (PKC). Selama tujuh tahun terakhir, gerakan damai telah maju terus yang mendorong orang Tionghoa untuk meninggalkan semua hubungan dengan Partai Komunis. Minggu ini, gerakan ini mencapai tonggak penting 100 juta pengikut.

“Dengan100 juta orang China mundur dari Partai Komunis China adalah sebuah kesempatan untuk merayakan dan merupakan tonggak bersejarah dalam sejarah China,” kata Yi Rong, ketua Pusat Layanan  Pengunduran Diri Global dari Partai Komunis China, yang bermarkas di New York  dalam konferensi pers.

“Ini punya banyak makna untuk China sekarang dan masa depan, serta untuk transisi China menuju masa depan yang bebas dari teror yang dilakukan oleh Partai Komunis China,” katanya.

Dikenal sebagai ‘Tuidang’ dalam bahasa China, gerakan rakyat China untuk mundur dari Partai dimulai pada akhir 2004, setelah publikasi dari ‘Sembilan Komentar Mengenai Partai Komunis’ oleh The Epoch Times.

Sembilan Komentar adalah serangkaian editorial yang merinci sejarah PKC, catatan hak asasi manusia, dan episode teror seperti Revolusi Kebudayaan, Lompatan Jauh ke Depan, Pembantaian Lapangan Tiananmen, dan penganiayaan terhadap latihan spiritual Falun  Gong , topik yang tanpa henti diabaikan atau tidak diberitakan di  bawah sensor dan propaganda rezim PKC.

Editorial, yang menyebar ke China daratan melalui fax, e-mail, dan surat, menyebabkan sejumlah besar surat masuk ke redaksi Dajiyuan (The Epoch Times edisi Mandarin) dari pembaca yang ingin melepas hubungan mereka dengan PKC dan organisasi afiliasinya, seperti Liga Pemuda Komunis dan Perintis Muda.

Diperkirakan bahwa lebih dari 700 juta orang China telah berafiliasi dengan setidaknya salah satu dari tiga kelompok tersebut.

“100 juta orang ini termasuk orang-orang dari semua tingkat sosial, dari atas seperti personil militer dan pejabat pemerintah terus ke bawah sampai eselon bawah, seperti warga desa dan mahasiswa, melintasi semua kelas sosial,” kata Yi.

Seorang penduduk provinsi timur laut China Liaoning, Li Yumei mundur adi Liga Pemuda dan Pelopor Muda pada 4 Agustus.

“Setelah membaca Sembilan Komentar Mengenai Partai Komunis, sepertinya saya  telah terbangun dari sebuah ilusi,” kata Li dalam pernyataannya. “Selama enam dekade kekuasaannya, [PKC] selalu melihat orang sebagai budak yang dapat digunakan setiap saat dan dengan cara apapun. Telah menggunakan kata licik untuk memikat kita di masa kecil kita untuk bergabung dengan organisasi yang berafiliasi partai seperti Liga Pemuda dan Pelopor Muda-sesuatu yang paling saya sesali.”

“Untuk memutuskan hubungan dengan kebohongan partai jahat, cuci otak, dan kontrol mental, dan atas nama kebebasan dan demokrasi, bagi orang yang ingin dapat membuat keputusan sendiri, saya ingin sungguh-sungguh keluar dari Liga Pemuda dan Pionir Muda.”

Dayong Li, direktur eksekutif Pusat Layanan Global Pengunduran Diri dari PKC, mengatakan bahwa pernyataannya  merupakan bagian dari “perang antara baik dan jahat.”

Senat AS mengambil langkah terdepan dalam mengenali gerakan Tuidang dengan memperkenalkan resolusi bipartisan pada bulan Juli sebagai pengakuan atas gerakan ini. Li mengatakan bahwa resolusi itu merupakan pengakuan masyarakat internasional terhadap Tuidang.

Sementara gerakan Tuidang secara implisit mendukung perubahan rezim di China, itu tidak datang dengan resep pengganti politik, dan dimengerti oleh kedua aktivis dan peserta sebagai kebangkitan spiritual dan etika daripada revolusi politik.

Gerakan ini bukan untuk penggulingkan PKC, tetapi panggilan hati rakyat Cina untuk membuat pemisahan psikologis antara masa depan China dan PKC. Rakyat China yang menolak kebohongan dan kekerasan yang melekat dalam kekuasaan PKC sering kali bersedia membantu menyebarkan berita tentang gerakan ini, bahkan dalam menghadapi bahaya yang dipaksakan oleh rezim PKC.

“Saya pikir 100 juta orang yang telah mengundurkan diri dari PKC akan menciptakan efek bola salju,” kata Yi. “Saya pikir dalam waktu dekat, China akan melihat perubahan sosial yang sangat besar yang didukung oleh semua orang baik di dunia.” (EpochTimes/man)

(Sumber: Erabaru.net, 11 Agustus 2011)

http://www.erabaru.net/top-news/36-news1/27462-100-juta-rakyat-china-mundur-dari-komunis

About these ads
Komentar tulisan or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: